Minggu, 18 Januari 2015

JT 180115 : "2M" & "O3" Rombak Servis Black Sea



Sejumlah pelayaran dalam waktu yang sesingkat-singkatnya harus segera merubah pola operasi, terkait mulai beroperasinya aliansi strategis "2M" (Maersk Line dan MSC) dan "O3" (Ocean 3 : CMA CGM, UASC, CSCL).

Yang pasti servis yang ada sekarang, di rute Asia - Laut Hitam (Black Sea) antara CSCL, Yang Ming, PIL dan WHL harus mengalami penyesuaian. Sekarang ini masing-masing pelayaran menamainya : ABX, CBX, SB1 dan SBS.

Delapan pelayaran langsung terlibat dalam penyesuaian servis ini : Maersk Line, MSC, CMA CGM, CSCL, UASC, Yang Ming, PIL dan WHL. Masing-masing aliansi akan memasang 6-9 kapal antara 5.500 TEUs - 6.000 TEUs dengan rotasi 9 minggu, dan sejumlah skip sailing saat kapal tidak mumpuni - demikian catatan Alphaliner.

Servis baru ini cukup merepotkan CSCL karena nantinya slot milik CSCL akan dipakai juga oleh PIL, sementara WHL masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Asia - Laut Hitam bagi masing-masing pelayaran anggota O3 akan memiliki nama : CMA CGM (BEX), CSCL (ABX) dan UASC (AMC5).

Loop baru O3 akan memasang 11 kapal 9.000-10.000
TEUs, dengan komposisi : CMA CGM (9 unit), UASC dan CSCL masing-masing 1 unit. CMA CGM sendiri akan mengakhiri kerjasama bersama Maersk selama ini. Maersk Line mengoperasikan servis sendiri yang diberi nama : AE-3 dan MSC akan membeli slot dengan nama "Great Sea".

Kabarnya, untuk sementara waktu, Maersk akan mengawinkan Asia-Black Sea ini dengan loop Transpacific / TP-9. Maersk di TP-9 mengoperasikan semua kapal (15 unit, kapasitas antara 4.500-5.000 TEUs) dan MSC kembali membeli slot dengan label servis "Eagle".
Nah bagaimana kepastiannya, silahkan ditanya ke kantor perwakilan masing-masing pelayaran. Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar