Selasa, 20 Januari 2015

JT 200115 : KA Amrik Bakal Embargo Kontainer Pelayaran

Oooops, ada apa gerangan ? Terdengar kabar kurang sedap, bahwa 2 (dua) operator kereta api (KA) di daratan Amrik, "Union Pacific" (UP) dan "BNSF" berwacana akan melakukan embargo atas kontainer pelayaran.

Apa pasal ? Seperti diketahui, arus barang ekspor dan impor melalui pantai timur Amrik menemui sejumlah kendala, yakni demo dari serikat pekerja sehingga mengganggu produktifitas negeri Paman Sam secara keseluruhan. Kondisi ini sudah berjalan cukup lama. Apakah presiden Obama sudah melakukan pendekatan tertentu ?

Entahlah. Jarang tersiar kabar hingga hari ini bahwa presiden sebuah negara besar pun bisa luput. Bisa jadi salah, tetapi bila ada yang bisa memberikan koreksi alias Obama Care dengan kondisi dalam negeri, seharusnya kejadian yang berlaurut-larut gak perlu terjadi.

Tak hanya UP dan BNSF menurut catatan pengamat, operator KA yang bisa melakukan embargo. Di kemudian hari, bisa jadi "CSX Intermodal" (CSXI) dan "Norfolk Southern Railway" (NSR) bisa ikut serta. Belum pemain lainnya yang mengatasnamakan "toleransi".

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu, BNSF mengembargo kargo milik pelayaran namun 2 (dua) hari kemudian dicabut. Alasannya, kondisi angkutan kontainer "sudah lebih bisa dikelola dengan baik". Apa nih maksudnya ? Dipikir aja dulu, kurang lebih seperti itulah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar