Selasa, 06 Januari 2015

JT 060115 : Reefer Container Diprediksi Semakin Mendunia

Dalam beberapa tahun ke depan, peran reefer container bakal bertambah penting. Makanya yang sudah memprediksi bahwa reefer boxes bakal meroket, sejumlah pelayaran sudah bersiap diri menyongsong tren ini. Sebut saja Maersk Line, MSC, CMA CGM, UASC dan Hamburg-Sud.

Dari estimasi 101,1 juta ton produk segar, diangkut dalam kapal reefer konvensional dan reefer container. Itu hanya dalam tahun 2014 saja - demikian ditegaskan dalam laporan tahunan yang diterbitkan oleh "Dynamo" (Dynamo's annual reefer market report).

Sebanyak 74 persen barang-barang tersebut diangkut dengan reefer container sedangkan pangsa pasar kapal reefer tradisional dari tahun ke tahun, semakin tergerus - sebagaimana dilaporkan oleh Franz Wails dalam tajuk "The Reefer Analysis: Market Structure, Conventional, Containers".

Tren ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang. Satu dekade lalu, angkutan reefer baru mencapai 62 persen. Perubahan penting terjadi di tahun 2011, saat "Mediterranean Shipping Co." (MSC) mengkonversi angkutan buah ke reefer container dan dianggap sukses. Selanjutnya, mudah ditebak.

Tahun lalu, jumlah reefer boxes meningkat 5 (lima) persen dan mencapai 2,5 juta TEUs, kebanyakan 40 feet hi-cube container. Maklum kebutuhan 40 feet melonjak karena dari sisi harga relatif lebih murah, dibanding harga 20 feet dan untuk light cargoes, sangat menguntungkan pihak konsumen.

Lantas, ada indikasi juga pembangunan traditional reefer ship sangat lamban sehingga peluang yang ada akan tersapu dengan kehadiran reefer boxes, dari sejumlah pemain global.

Watch Out !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar