Senin, 27 Januari 2014

JT 270114 : Pemkot Rauma Beli Galangan "STX Finland"



Belum lama ini, terjadi kesepakatan antara pemerintah kota (pemkot) Rauma (Finlandia) dengan salah satu raksasa galangan kapal yang tengah sakit dilanda "kanker" alias kantong kering sehingga memerlukan suntikan dana segar. Setelah bergerilya sekian lama, pemkot Rauma akhirnya menjadi peminat serius untuk akusisi dimaksud.

Pemkot Rauma dikabarkan mengambil-alih lahan, bangunan serta barang properti milik "Rauma Shipyard" dari STX Finland Oy dengan jumlah nilai transaksi euro 18,1 juta. Selain mengakusisi, pemkot Rauma dan pihak STX Finland melakukan kerjasama lebih lanjut untuk kurun waktu 2 (dua) tahun.

Kedua belah pihak sepakat mengembangkan bersama industri galangan kapal, yang nantinya akan dijadikan semacam ikon di Finlandia sebagai salah satu kota maritim di benua Eropa.

STX Finland Oy masih tetap akan menjadi tenant Pemkot Rauma karena harus menyelesaikan order yang sudah kepalang diterima, hingga akhir 2014 mendatang. 

Walikota Rauma, Kari Koski, sangat antusias bisa mengawal pembebasan lahan dan puas dengan hasil negosiasi yang panjang dan alot.

Seperti diketahui, STX Finland sudah berupaya keras untuk mempertahankan keberadaan industri ini, hingga akhirnya pemkot Rauma tertarik membelinya. Tahun 2013 lalu, STX Finland melakukan program restrukturisasi gede-gedean dan menutup perlahan galangan yang tidak menghasilkan namun disesuaikan dengan order yang masuk.

Rauma ingin membangun area Seaside Industrial Park dan konsep ini nampaknya akan mendapat dukungan penuh, tidak hanya kedua belah pihak tetapi juga pengusaha di sekitar wilayah Rauma.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar