Kamis, 09 Januari 2014

JT 090114 : “HMM” Jual Aset Kurangi Beban Hutang

Masalah hutang-piutang dalam bisnis wajar. Tapi kalo lebih gede dari nilai aset ato gak kebayar-bayar utangnya ya jadi masalah serius ‘lah. Mengantisipasi beban yang ada saat ini, pelayaran asal Korea Selatan ini menjula beberapa aset buat nutupin kerugian fatal.

“Hyundai Merchant Marine” (HMM)  ini bakal mendapat suntikan duit segar KRW 1,5 trilyun (= USD 1,42 milyar) dari penjualan sejumlah asetnya dan pastinya, dalam rangka program restrukturisasi operasi biz pelayaran bulk.

Seperti diketahui, “Hyundai Group” melakukan prigram restruktrisasi gede-gedean guna mendapatkan dana KRW 3,3 trilyun untuk memperbaiki likuiditas, sekaligus melepas biz unit keuangannya (“Hyundai Securities”, “Hyundai Asset Management” dan “Hyundai Savings Bank”).

Bahkan menurut media riset “Alphaliner”, aset mewah seperti “Banyan Tree Hotel” di Seoul bakal dilepas juga. Satu masalah yang mengganjal grup ini, saat menjalin hubungan dengan Korea Utara dan mendirikan “Hyundai Asan”.

Pendiri Hyundai Group yang juga menjabat sebagai Chairman, Chung Mong-hun, bunuh diri di bulan Agustus 2003 setelah terindikasi (secara diam-diam) mengirim jutaan dollar ke pemerintah Korea Utara sekitar tahun 2000.

Nantinya, Hyundai Group hanya akan fokus di 3 (tiga) biz inti : “HMM”, “Hyundai Elevator” dan “Hyundai Logistics”. Bisnis terminal kontainer hingga perumahan (real estate) yang tersebar di Amrik, RRCina dan Singapura termasuk dalam paket yang akan dijual.

Total kewajiban HMM hingga akhir September 2013 : KRW 8,13 trilyun berbanding denga total ekuitas yang hanya KRW 0,82 trilyun ato rasionya mencapai 993 persen.

Semoga saja lancar ... Ngeri euy lihat performansi pelayaran global beberapa tahun belakangan ini.


Sumber : Dari Sana-sini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar