Kamis, 02 Januari 2014

JT 020114 : “H-L” Undang “Hamburg-Sud” Diskusi Merger "CSAV"

CLBK ni yeee. Cinta lama bersemi kembali. Tahun lalu pernah ada pembicaraan antara “Hapag-Lloyd” (H-L) dengan pihak “Hamburg-Sud” (H-S) namun kandas ditengah jalan. Kini seolah secercah ada harapan untuk mencoba kembali usulan sebelumnya.

Setidaknya itu yang coba diupayakan oleh Chairman H-L, Juergen Weber saat dikonfirmasi oleh harian setempat “Hamburger Abenblatt”, “bertiga lebih kuat” ! H-S disebut-sebut diundang kembali dalam wacana pembicaraan merger antara H-L dan CSAV asal Cile ini.

Konsolidasi besar-besaran kini tengah dilakukan sejumlah pelayaran global. Ada yang mengusung dalam bentuk aliansi strategis maupun yang terang-terangan untuk merger. Kondisi ekonomi yang memble, serbuan masuknya kapal baru dan kompetisi yang ketat, menjadi penarik utama ide diatas.

Sebenarnya, penggabungan entitas H-L dengan CSAV bisa merangsek posisi H-L/CSAV ke posisi ke-4, menggeser posisi Cosco Container Line dan Evergreen yang saat menduduki peringkat operator kontainer terbesar ke-4 dan ke-5 dunia.

Weber berkeyakinan, bila H-S bergabung dalam merger tri-partite : H-L, H-S dan CSAV maka akan semakin menguatkan penetrasi pasar karena H-L dikenal salah satu pemain di east-west trade sedangkan H-S dan CSAV lebih fokus di north-south trade lane. 

Intinya, saling melengkapi. Namun H-L dibebani hutang EUR 2,35 milyar (= USD 3,2 milyar) dan pendapatan selama 9 (sembilan) bulan pertama membukukan kerugian EUR 56 juta. Makanya tahun lalu sempat mendekati H-S namun ditolak sang pemilik keluarga Oetker.

Porsi saham kepemilikan H-L saat ini sebagai berikut : Pemda Kota Hamburg 36,9 %, Klaus Michael Kuehne 28,2 % dan TUI Group 22 % - demikian menurut catatan kantor berita “Reuters”. H-L sangat ingin menjadi pemain utama dibelakang Maersk, MSC dan CMA CGM.

Masih perlu waktu karena pembicaraan 3 (tiga) pihak akan lebih kompleks ketimbang 2 (dua) pihak. Hasilnya seperti apa, yuuuk kita amati baik-baik dan jangan sampe terlewat he he he.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar