Kamis, 16 Januari 2014

JT 160114 : “H-L” Siap Beli “CSAV”

Kabar-kabar yang berseliweran belakangan ini, sejak akhir tahun 2013 lalu adalah rencana merger 2 (dua) pelayaran besar : “Hapag-Lloyd” (H-L) dan “Compania Sud Americana de Vapores” (CSAV). Kabarnya sudah mendekati final. Apa iya ?

H-L merupakan pelayaran ke-6 terbesar di dunia, sedangkan CSAV menduduki ranking ke-20 dunia. Bila keduanya melebur ato sebut saja H-L mengakuisisi CSAV, akan menciptakan pelayaran ke-4 terbesar di dunia. Ini suatu prestise bagi pelayaran Jerman maupun Cile.

Walau sumber-sumber resmi kedua pelayaran tersebut menolak berkomentar namun dari bocoran yang didapat, paling lambat akhir Januari 2013 targetnya harus sudah oke – demikian menurut kantor berita Reuters.

Keluarga Luksic, salah satu orang kaya di Cile dan pemegang saham mayoritas CSAV, rasa-rasanya setuju untuk melepas CSAV dan memegang saham minoritas di H-L hasil merger, sebagaimana dikonfirmasi media cetak “Die Welt”.

Isu merger ini muncul sejak Desember 2013 dan dalam perjalanannya, sempat ingin melibatkan “Hamburg-Sud” (H-S) namun tidak berhasil. Alhasil H-L tetap ingin melanjutkan misinya. CSAV diakui memiliki tekanan berat sehingga merugi akibat lesunya pasar dan tekanan sektor harga uang tambang (ocean freight).

Di bawah kesepakatan yang tengah dinegosiasi, CSAV akan mengontrol 30 persen saham H-L hasil merger dan 54 kapal CSAV apakah akan disewakan ato termasuk dalam deal tersebut ato tidak ? Belon ada yang bisa jawab.

Rujukan sebelumnya ihwal isu merger H-L dan CSAV, silahkan baca JT 070114 : Versi Drewry, Merger “H-L” + “CSAV” Ideal, JT 020114 : “H-L” Undang “Hamburg-Sud” Diskusi Merger “CSAV”, JT 271213 : Embrio Merger H-L dan CSAV serta JT 121213 : Isu Merger H-L & CSAV.

Nah, bisakah harapan H-L mewujudkan keinginannya sebelum akhir bulan januari ini ? Kita ikuti terus ya perkembangannya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar