Minggu, 19 Januari 2014

JT 190114 : Kapal Barang “Sportivo” Tenggelam

Filipina lagi, Filipina lagi. Rupanya do’i lagi jadi bulan-bulanan pengamat transportasi, terutama bila cuaca sedang tidak bersahabat. Mirip dengan sikon di republik ini he he he. Repotnya lagi, kemarin hari baru ada kapal kandas berderet, ehh sekarang malah tenggelam.

“Kambing hitam”-nya memang cuaca. Simak aja laporannya berikut ini. Ceritanya, ada kapal barang “Sportivo” yang bertabrakan dengan kapal barang “Jehan” di Selat Iloilo, Filipina. Sportivo memuat 28.000 zak pupuk untuk tujuan Palawan.

Saat kejadian, kapal Sportivo yang tengah buang sauh terkena iklim tropis “Lingling” dan cuaca buruk. Beberapa jam kemudian, saat kapal akan melanjutkan perjalanan namun menghadapi problem mesin rusak.

Imbasnya, hembusan angin kencang mendorong Sportivo menghantam kapal Jehan. Apesnya, kapal Sportivo mengalami kebocoran dan akhirnya tenggelam, bersama 12.000 liter bahan bakar minyak yang dibawa kapal.

Pihak Penjaga Pantai Filiina (Philippine Coast Guard) sudah memerintahkan evakuasi dan mengamankan area agar terhindar dari polusi. Untungnya, 29 kru kapal berhasil diselamatkan.


Sumber : SWL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar