Selasa, 07 Januari 2014

JT 070114 : Versi Drewry, Merger “H-L” + “CSAV” Ideal



Di balik perundingan alot yang kini masih berjalan, sejumlah pengamat maupun lembaga independen mencoba membuat prediksi dengan sudut pandang beragam perihal rencana merger "Hapag-Lloyd" (H-L) dengan "CSAV".
 
Bila prediksi “Alphaliner” meragukan akan hal tersebut bisa maujud, gak demikian yang diyakini “Drewry Maritime Research”. Drewry beranggapan situasi tersebut sebagai solusi terbaik ato “win-win” solution.

Di mata Alphaliner, CSAV sebagai kandidat untuk dilebur kurang berpotensi bisa mengangkat market share karena selama ini malah pangsa pasarnya terus tergerus di jalur Amerika Latin. Di sisi lain, CSAV dianggap memiliki kondisi keuangan yang labil.

Bagi Alphaliner, pokoknya gak ada poin lebih, kalo H-L dan CSAV merger. Pandangan optimistis dilontarkan Drewry seiring hasil kajian analitis mereka terhadap rencana merger diatas. Bila harga yang ditawarkan memang oke, H-L harus mengambil peluang pasar yang ada.


Pasalnya, keduanya memiliki core-biz yang agak unik dan berbeda sehingga bisa saling melengkapi. Bila CSAV fokus di “north-south tradelane” maka H-L dipandang memiliki kelebihan di “east-west tradelane”.

Setidaknya, keduanya memiliki sedikit duplikasi saja. Tak heran bila Alphaliner justru menilai tren merger lebih merupakan istilah komersil untuk mendongkrak citra, sebaiknya digunakan istilah joint operation.

Sentuhan manajemen H-L dan CSAV untuk meyakinkan dunia, harus dibuktikan, terutama bila niatan merger benar-benar menjadi pilihan prioritas. Yuuuk kita ikuti secara seksama. Semoga berhasil dengan baik. Kita doakan saja.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 020114 : “H-L” Undang “Hamburg-Sud” Diskusi Merger “CSAV”,  JT 271213 : Embrio Merger H-L dan CSAV dan JT 121213 : Isu Merger H-L & CSAV.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar