Senin, 06 Januari 2014

JT 060114 : “MSC Monterey” Batalkan Pelayaran

Kapal kontainer berbendera Liberia, “MSC Monterey” yang tengah dalam perjalanan dari Antwerp menuju Boston pada tanggal 27/12/13 lalu, secara mengejutkan ditemukan retakan (crack) 1,5 meter oleh kru kapal di dek utama, dekat superstructure.
 
Pada saat kejadian, kapal sedang berada di sebelah tenggara pantai Newfoundland. Setelah retakan bertambah sekitar 30 cm, pihak kapal berkoordinasi dengan pemilik kapal dan juga Canadian Coast Guard (CCG), kapal kemudian berlabuh di Cape Pine.

Ke-20 kru kapal yang berasal dari Eropa dan Filipina dalam keadaan selamat dan baik-baik saja. Empat penumpang dari Amrik dan Swiss yang tengah bepergian dengan MSC Monterey berhasil diselamatkan dengan helikopter dan meneruskan perjalanan dengan moda lain.

Akibat kejadian diatas, kapal tidak menyebabkan polusi namun setelah berkoordinasi dengan otoritas terkait, akhirnya kapal dipindah dari Cape Pine ke St. Mary’s Bay dimana lokasinya jauh lebih aman, sekalipun bila cuaca sedang “kurang bersahabat”.

Jadi, kapal “MSC Monterey” yang disewa oleh pelayaran terbesar ke-2 di dunia, “Mediterranean Shipping Co.” (MSC) membatalkan pelayaran untuk keselamatn bersama. Kapal ini dimiliki “Reederei NSB” Jerman. Antisipasi jitu.

Saat itu, pihak surveyor maupun asuransi sudah dikabari untuk melakukan pengecekan atas kondisi kapal. Kabar lebih lanjutnya akan diumumkan bila kitaorang juga sudah mendapat info lanjutan. Semoga lancar.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar