Rabu, 15 Januari 2014

JT 150114 : Update "Maersk Stepnica"


Info ini terkait dengan perkembangan status kapal "Maersk Stepnica" yang sempat terkena hantaman ombak Lautan Atlantik pada tgl 06/01/14 dalam pelayaran dari Port Said ke Felixstowe. Tgl 10/01 pagi, kapal kontainer ini meninggalkan Trinity Terminal, Felixstowe menuju pelabuhan Zeebrugge, Belgia tiba sekitar pukul 7 malam harinya.

Lantas ngapain, khan udah biasa ? Ehh rupanya kapal ini menjadi sumber pemberitaan karena 33 unit kontainer dinyatakan hilang saat berada 120 mil dari Penmarc'h di Bay of Biscaye (Teluk Biscaye di Perancis). Penyebabnya gelombang dahsyat yang menghempaskan kontainer diatas kapal (padahal sudah diikat sedemikian rupa lho).

Kapal Maersk Stepnica mempunyai panjang 334 meter dan bobot 102.367 dwt merupakan salah satu kapal terbaru di armada Maersk Line. Usai kejadian (maksudnya di tgl 06/01), otoritas terkait di Perancis mengeluarkan maklumat pelayaran agar berhati-hati saat melintas karena ada kontainer yang terjatuh, selain kondisi cuaca yang ekstrim di sekitar Bay of Biscaye.

Tgl 07/01 dua unit pesawat pengintai "Falcon 50" dari Angkatan Laut (AL) Perancis melakukan pemantauan di lapangan dan menemukan sejumlah kontainer terapung. Tgl 08/01 sejumlah kontainer tadi ditarik oleh tim dari AL Perancis agar tidak membahayakan pelayaran selanjutnya.

Sorenya, kapal "Argonaute" melakukan penyisiran hingga menjelang malam dan berhasil mengevakuasi sejumlah kontainer lagi. Untungnya, ke-22 kru kapal tetap bertahan dan dalam kondisi aman terkendali. Kapal mengalami sedikit kerusakan (minor damage) dalam insiden ini.

Tidak disebutkan secara rinci, apakah ke-33 kontainer tersebut berhasil dievakuasi ato hanya sebagian saja dari jumlah tersebut. Setidaknya, otoritas terkait dan pihak pelayaran sudah berusaha seoptimal mungkin meminimalisir risiko yang terjadi.

Ikut prihatin. Info sebelumnya, silahkan baca JT 100114 : “Maersk Stepnica” Dihajar Gelombang Dahsyat.


Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto : SWL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar