Sabtu, 04 Januari 2014

JT 040114 : Kapal Anyar "UASC" Gunakan LNG

"United Arab Shipping Co." (UASC) lagi jadi bahan omongan serius belakangan ini, terkait pembangunan armada kapal secara gede-gedean dan rencana pemanfaatan gas alam cair ato liquified natural gas (LNG) dalam bentuk padat, sebagai sumber tenaga untuk kapal-kapal terbarunya nanti.

Teknologi ini disebut "IHI-SPB Tank" dimana tangki bahan bakarnya dapat menyimpan LNG padat, yang diperlukan untuk menjalankan mesin berbahan bakar ganda ato hybrid - generasi baru UASC. Raksasa pelayaran asal Timur Tengah ini, bulan Agustus lalu memastikan order kapal +14.000 TEUs dan +18.000 TEUs dari Hyundai Heavy Industries (HHI), Korsel.

Galangan kapal Jepang, "Ishikawajima Harima Heavy Industries" mengembangkan self-supporting prismatic tanks type-B (SPB) LNG containment system, yang hanya diterapkan pada kapal-kapal tanker LNG sejak tahun 1990-an.

Sistem ini disebut sebagai "pilihan radikal" namun diakui bahwa IHI-SPB system mampu menyimpan LNG padat dibawah tekanan suhu hingga minus 162 derajat Celcius - sehingga menurut media riset "Alphaliner" - bila jadi, merupakan terobosan baru di industri kapal kontainer.

Untuk kapal rute jarak dekat (short-sea), sejauh ini sudah diterapkan dengan menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar di terminal-terminal tertentu. Namun untuk kapal segede lapangan bola super ini, masih harus dipelajari dan juga apakah biayanya sepadan ? Apakah ada ketentuan yang mengatur pembatasan polusi dlsb, pasti ada kaitannya.


Dalam laporan tersebut, belum jelas juga apakah penggunaan LNG padat ini akan digunakan selama perjalanan dari Asia ke Eropa ato hanya di zona-zona tertentu saja seperti misalnya, saat kapal melintasi "Sulphur Emission Control Areas" (SECA) ?

Bila pelayaran lain yang berbasis di Eropa ato Asia masih memikirkan sulitnya pasok LNG padat, gak demikian dengan UASC yang berasal dari Arab dan memiliki koneksi luas dengan para produsen energi gas di kawasan Timur Tengah, selain nantinya stasiun pengisian bahan bakar bisa dilakukan di markas UASC.

Bagaimana kelanjutan isu pemanfaatan bahan bakar LNG padat ini untuk kapal-kapal UASC seri terbaru ? Yuuuuk kita ikuti terus perkembangannya …

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar