Sabtu, 11 Januari 2014

JT 110114 : “MSC Monterey” Ditarik Ke Kanada

Ngapain ditarik kesono ? Jauh amat (ya dilihatnya dari Indonesia he he he). Tenaaaang. Harus dilihat dulu info sebelumnya. Seperti dimaklumi, kapal kontainer “MSC Monterey”  (4.870 TEUs) sempat diketahui oleh kru kapalnya mengalami keretakan di dek utama.

Lebar celah 1,5 meter tersebut, berdasarkan hasil inspeksi merupakan dampak dari sistem pengelasan yang tidak sempurna (cacat).  Untungnya, kru kapal yang bertugas jeli sehingga kejadian “MOL Comfort” sesi ke-2 ngga terjadi lagi.

Saat diketemukannya isu tersebut, kapal sedang dalam pelayaran dari Antwerp, Belgia menuju Boston, Amrik. Setelah dilaporkan ke owner kapal “Reederei NSB” akhirnya melapor ke kementerian perhubungan Kanada, DNV GL, asuransi, galangan serta pihak terkait lainnya.

Hasilnya, tetap harus dilakukan perbaikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tempat perbaikannya ? Di Kanada. Rencana pengerjaan sekitar 7 (tujuh) hari karena situasi cuaca di Newfoundland, Kanada sedang tidak menentu (dingin) dan perlu tenaga ahli untuk sistem pengelasan dengan suhu tertentu.

Kapal kontainer dibangun tahun 2007 oleh “Daewoo Mangalia Heavy Industries” (DMHI), Rumania, berbendera Liberia ini, dimiliki oleh “Reederei NSB”, Jerman dan disewakan ke “Mediterranean Shipping Co.” (MSC).

Berita terkait sebelumnya, silahkan baca JT 060114 : “MSC Monterey” Batalkan Pelayaran – edisi tanggal 6 Januari 2014.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar