Jumat, 03 Januari 2014

JT 030114 : “Gravity Highway” vs “Maritime Maisie”

Lagi, oleh-oleh di akhir tahun 2013. Bukan kabar gembira tetapi sebaliknya berita yang membuat hati kecil miris menyimak beritanya. Tabrakan kapal pegangkut kendaraan (car-carrier) dengan tanker pengangkut bahan kimia. Sereeem khan ...

Kejadiannya terjadi di tanggal 29/12/13 di lepas pantai Busan, Korea Selatan. Sebuah car-carrier berbobot 55.700 dwt “Gravity Highway” bertabrakan dengan chemical tanker “Maritime Maisie” (berbobot 44.404 dwt).

Hasilnya cukup parah namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, KECUALI 4.000 ton bahan kimia terbakar abiiiz. Seluruh 91 kru kedua kapal tersebut berhasil dievakuasi dengan selamat dan pihak otoritas mengerahkan selusin kapal penolong serta bantuan helikopter.

Korban agak serius ada, yakni akibat luka bakar (tidak disebutkan berapa orang). Dua kontainer berisi paraxylene dan crylonitrile terbakar dan kapal “Maritime Maisie” mengalami kerusakan cukup parah, membuat lubang sebesar 8 meter.

Api dapat dikuasai namun kondisi kapal belum diketahui lag karena belum ada update terbaru. Kondisi saat itu, chemical tanker sempat miring 20 derajat dan air masuk cukup banyak. Tanker ini sedang dalam perjalanan dari Busan ke Ningbo, RRCina.

Gravity Highway yang saat itu tengah melakukan uji-coba laut (sea-trial) ditarik ke galangan terdekat dan pihak berwajib segera akan menindaklanjuti peristiwa ini. Oh iya, saat uji-coba, kapal Gravity Highway membawa 64 staf dan kru kapal.

Demikian yang dapat kami sampaikan dan bila ada update terbaru, segera kami tayangkan.


Ikut prihatin deh.


Sumber : SWL / Kredit Foto : dwnews.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar