Senin, 30 September 2013

JT 300913 : Empat Kapal Baru Diluncurkan Di Akhir September

Di minggu ke-39 (22-28/09) di tahun 2013, sejumlah kapal baru menghiasi keberagaman kapasitas dan servis yang ditawarkan operator sehingga bila tidak diimbangi dengan peningkatan volume, bisa membuat pembuat keputusan naik darah xi xi xi. Apalagi Sales force di lapangan, puyeng 7 (tujuh) keliling deh.

Setidaknya ada 4 (empat) kapal besar yang diserahkan pihak galangan kepada pelayaran (bisa kapal sewa maupun milik loh ya): "APL Charleston" (8.500 TEUs), "Balsa" (2.500 TEUs), "CSAV Traiguen (8.600 TEUs) dan "RHL Calliditas" (4.620 TEUs).

"APL Charleston" diserahkan pihak DSMR Korsel kepada APL dan bakal dioperasikan di rute Asia - Timur Tengah dengan nama "WAX" sedangkan mitra kerja di rute ini. "MOL" akan memasang nama servis "CMI". APL Charleston merupakan kapal ke-6 dari 12 unit yang dipesan dan akan menggantikan tugas "APL Turkey" (6.350 TEUs).

"Balsa" dibuat oleh galangan RRCina, Jiangsu Yangzijiang Shipbuilding dan pemiliknya yakni non-operating owner asal Norwegia, "Klaveness Maritime". Kapal berkapasitas 2.500 TEUs ini disewakan kepada "Mariana Express Line" (MELL) dan akan dioperasikan di ruta Asia Timur ke Australia utara dengan nama "ANA".

Klaveness awalnya memesan 4 (empat) unit kapal jenis namun kabarnya yang jadi cuma 3 unit dan kapal ke-4 "Balearas" dijual ato dibatalkan, hingga saat ini gak ada kejelasan. MELL akan memasang Balsa di ANA dengan rotasi sbb: Darwin - Port Moresby - Townsville - Kaohsiung - Shanghai - Qingdao - Hong Kong.


"CSAV Traiguen" merupakan milik "Zodiac Maritime" dan saat ini disewakan kepada pelayaran Cile, "CSAV". Kapal ini dibangun di galangan milik DSME yang berada di Rumania, "Daewoo-Mangalia Heavy Industries" (DMHI) dan merupakan kapal ke-2 dari total 4 unit yang dipesan.

Seperti NOO maupun pelayaran lainnya, saat kondisi perekonomian global kurang menguntungkan maka mereka meminta pemunduran jadual penyerahan. Zodiac memesan kapal ini di bulan April tahun 2011 dan minta pemunduran beberapa bulan. Tiga unit kapal bakal berada dibawah kontrol Zodiac sedangkan 1 (satu) unit lainnya direlokasi ke "Eastern Pacific Management".

Kapal CSAV Traiguen memiliki spesifikasi panjang 299,99 meter (tanggung banget ya, tinggal dibulatkan jadi 300 meter) dan lebar 48,20 meter (19 row) dengan bobot 116.000 dwt. Kapal ini akan dioperasikan di "Andes Express 1" yang dioperasikan bersama "MSC" dan "CMA CGM".


Sesuai namanya, "RHL Calliditas" merupakan kapal pesanan dari NOO Jerman, "Reederei Hamburger Lloyd" (RHL) dan kapal ini merupakan yang terakhir dari 4 unit yang dipesan. Kapal bertipe SDARI ini merupakan "small over-panamax" yang dipesan di RRCina, "Chengxi Shipyard" (2 unit) dan "Jiangnan Shipbuilding" (2 unit juga).

Tindakan RHL sebenarnya agak spekulatif saat itu namun kini kapal tersebut sudah disewa "CMA CGM" dan akan diberdayakan di Asia - Afrika barat "AFEX" - bermitra dengan Maersk Line dan Safmarine ("FEW3"). Kapal bertipe SDARI 4600 ini memiliki panjang 259,80 meter dan lebar 37,30 meter (15 row).


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar