Rabu, 11 September 2013

JT 110913 : “Cosco Asia” Korban Serangan RPG

Kevin Doherty, kepala perusahaan jasa keamanan “Nexus Consulting” di Amrik, menyebutkan bahwa insiden kapal kontainer “ Cosco Asia” milik Coscon tempo hari, menjadi target serangan RPG yang dilepaskan dari tepi Terusan Suez pada tgl 31/08 lalu.

RPG menghantam kontainer teratas dan sempat menyebabkan kerusakan di palka, dekat ruang akomodasi. Selain serangan RPG, pihak Nexus juga menyebutkan adanya serangan senjata mesin otomatis yang diarahkan ke Cosco Asia.

Serangan terjadi di sisi sebelah timur terusan di El-Sharqiya saat kapal sedang melintas ke arah utara. Kapal Coscon sempat docking di Port Said usai serangan diatas. Kedepannya, semua kapal diminta lebih berhati-hati saat melintas Terusan Suez.

RPG itu apaan sih ? RPG berasal dari singkatan “rocket propelled grenade”, yakni istilah umum yang digunakan untuk senjata anti-tank yang ditembakkan dari bahu dan bisa menembakan roket berhulu ledak.

Para awak kapal, disarankan tidak terlalu memamerkan diri (apalagi narsis en pengen eksis), menggunakan rompi keselamatan dan lain sebagainya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kapal yang melintas diantara Laut Merah hingga kawasan Jordania, diminta mendapat perhatian khusus.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca JT 030913 : “Cosco Asia” (10.062 TEUs) Diserang Teroris. Jadi, sekarang ini gak cuma perilaku perompak Somalia yang ditakuti, ada tambahan kerjaan buat kapten kapal saat melewati Timur Tengah dan sekitarnya.

Take care ...


Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar