Minggu, 08 September 2013

JT 080913 : Servis AE Loop 1 Aliansi “G6” Pulih


Secara perlahan dan hati-hati, aliansi strategis 6 (enam) pelayaran besar mulai merevisi servis Loop 1, dimana kapal-kapal yang dipakai merupakan milik "MOL" dan "NYK". Seperti diketahui, servis AE Loop 1 G6 sempat berantakan akibat insiden kapal "MOL Comfort" beberapa waktu lalu.

Aliansi "G6" yang terdiri dari "APL", "MOL", "HMM", "OOCL", "Hapag-Lloyd" (H-L) dan "NYK", mengoperasikan Loop 1 dengan andalan kapal MOL dan NYK. Kabarnya per September 2013 ini, Loop 1 yang menyiapkan 11 kapal akan pulih seperti sedia kala, sekembalinya kapal-kapal MOL (sisterships) yang sempat masuk galangan untuk proses pengecekan ulang dan perkuatan lambung.

Juni lalu merupakan hari yang tak terlupakan bagi MOL dan mitra kerjanya di G6, saat kapal "MOL Comfort" (8.540 TEUs) mengalami kerusakan lambung dan terbelah 2 bagian, hingga akhirnya tenggelam. Saat itulah, seluruh sisterships MOL Comfort di-kandang-kan dan harus melalui pengecekan ulang.

Kini setelah semuanya selesai. MOL berniat memulihkan operasional Loop 1 sekaligus citranya. Saat ini, MOL masih menyimpan C-class di galangan : "MOL Competence" dan "MOL Charisma" namun kapal-kapal ini tidak dialokasikan masuk Loop 1 karena di tahun ini, MOL menyewa 3 (tiga) kapal APL yang berkapasitas 13.900 TEUs. 

Masuknya kapal-kapal gede ini cukup "memberikan nafas" akibat insiden MOL Comfort dan berikut ini rotasi Loop 1 : Rotterdam - Hamburg -  Southampton - Le Havre - Suez Canal (way point) - Singapura - Hong Kong - Kobe - Nagoya - Shimizu - Tokyo - Hong Kong - Vung Tau (Cap Mei) - Singapura - Jeddah - Suez Canal - Rotterdam.

Congrats ya buat MOL maupun G6 dan semoga servis Loop 1-nya betul-betul pulih kembali. Good luck !


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar