Selasa, 24 September 2013

JT 240913 : “Neptune Pacific” Beli Saham “Pacific Forum”


Pemerintah Samoa (kalo gak hafal geografi pasti nanya, dimana tuh ? lihat peta diatas deh), kabarnya menjual separo sahamnya di perusahaan pelayaran “Pacific Forum Line” (PFL) ke pihak “Neptune Pacific Line” (NPL) namun jumlah transaksinya gak mau disebutkan nilainya.

Perjanjian ini menyatukan 2 (dua) pelayaran spesialis Kepulauan Pasifik dan melebur 12 servis yang ada saat ini. Kedua pelayarran tersebut memiliki 6 (enam) unit kapal milik dan sewa serta memiliki keagenan di Samoa, Fiji, Tonga, Australia dan Selandia Baru. Ada juga pihak ke-3 yang tersebar di Samoa Amrik, Kepulauan Solomon, Kepulauan Cook, Vanuatu, Papua Nugini, Kiribati, Kaledonia Baru, Norfolk Island dan Nauru.

Tadinya, kedua pelayaran diatas bekerja bareng dengan Pacific Direct Lines (PDL) namun dengan kesepakatan yang baru diwujudkan, bakal ada komposisi baru di kawasan tersebut. Keduanya bersepakat mengembangkan pasar yang sudah eksis.

Chairman dan Wakil PM Samoa, Fonotoe Nuafesili Pierre Lauofo menyambut gembira kolaborasi bersejarah ini. Selanjutnya Fonotoe berharap pelaut-pelaut Samoa bisa lebih mendunia lagi kedepannya. Siiiip deh.

Congrats ya.


Sumber : HKSG (just FYI, 22 + 23/09 absen karena ikut “Banten Expo” di Serang, Banten).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar