Jumat, 27 September 2013

JT 270913 : "Unifeeder" Akuisisi "UFS"

Industri maritim gak pernah sepi dari manuver-manuver pemain aktif di bidangnya. Gak harus berskala gede, kecil tapi lumayan bikin pelayaran global merem-melek.

Salah satu operator kapal feeder asal Denmark yang memiliki spesialisasi di pasar Eropa sana, "Unifeeder Group", belum lama ini mengakuisisi "United Feeder Services" (UFS), sang spesialis feeder di kawasan Mediterania. Harga akuisisi gak disebutkan tapi sabar, lama-lama tabir akan terbuka. Manuver ini termasuk mantabz Bro.

Keduanya akan tetap mengoperasikan identitas masing-masing tapi juragannya jadi satu dan akan lebih mudah mengontrolnya karena lingkup servisnya bertambah luas, mulai dari Eropa - termasuk Baltik dan Laut Utara hingga Med serta Laut Hitam, kapasitas tambah "wah" tapi entitas masing-masing independen. Berkompetisi satu sama lain !

Transaksi ini diharapkan tuntas di akhir Oktober, tergantung persetujuan dari otoritas terkait. Lantas, boleh tahu gak, siapa sih Unifeeder dan UFS itu ? Keppo akh ... Sekedar mau tahu ato mau tahu beneran ? Xi xi xi.

Unifeeder merupakan operator kapal jarak pendek di Eropa (sebelah utara) dan mengoperasikan armada kapal sebanyak 40 unit, kapasitasnya bervariasi mulai 700 - 1.600 TEUs. Perusahaannya sering menyebut "asset light logistics company" karena seluruh unit kapalnya merupakan kapal sewa berbasis "time chartered".

Sejak April tahun ini, Unifeeder dimiliki oleh perusahaan investasi yang bermarkas di Stockholm, "Nordic Capital". Setahun lalu, Unifeeder mengakuisisi operator kecil asal Belanda, "Feederlink" dari "Irish Continental Group". Semakin perkasa aja nih jadinya he he he.

Bulan Mei lalu, Unifeeder keburu mengoperasikan servis di kawasan Med, dari Spanyol ke Tunisia. Kedepannya, apakah akan dilebur ato beroperasi dibawah bendera UFS, masih belum jelas benar. Pembagian kaplingnya, tunggu arahan manajemen kantor pusat setelah proses akuisisi kelar.

Lantas siapa juga UFS itu ? UFS didirikan tahun 1999 melalui merger 3 feeder operator di kawasan Med, yang menghubungkan 35 pelabuhan dan dilengkapi armada kapal sekitar 20 unit. Perusahaan ini bermarkas di Limassol, Siprus.

Bagaimana peran Unifeeder - UFS selanjutnya ? Kita tunggu gebrakan dari kantor pusat. Congrats !


Sumber : LV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar