Kamis, 24 Juni 2010

JT 240610 : Harga TP Capai Rekor Tertinggi, Naik 182 Persen !

Harga tahun ini bakal menggila ? Benar banget kalo itu prediksinya. Bukan lantaran memanfaatkan "kesempatan dalam kesempitan" tetapi lebih kepada faktor harga sempat jeblok gila-gilaan pada saat krisis keuangan memuncak di tahun 2009. Jadi semacam kilas balik dan sudah waktunya ?

Hampir semua rute mengalami kenaikan gila-giilaan, apalagi ada tren kapal yang nganggur (idle) cuma sedikit yang diaktifkan ketimbang dioperasikan. Pilihan pelayaran, mendingan kapal sedikit tapi profitnya aje gile daripada kapal berlimpah tapi margin tipis. No Way Man he 3x.

Maka ngga salah kalo konsultan shipping Drewry melaporkan bahwa harga di rute Trans Pasifik (TP) meningkat 182,9 % - tertinggi selama 5 tahun terakhir - dalam kurun waktu hanya 12 bulan saja.

Semisal, Hong Kong - Los Angeles bisa tembus diangka USD 2.607 per FEU minggu lalu, atau naik 18,9% dibanding sebelumnya. Wooow. Siapa juga yang ngga ngiler tapi buat Customer, ini ibarat mimpi buruk.

Bahkan menurut Philip Damas, editor Drewry Container Freight Rate Insight, kenaikan fenomenal ini melebihi masa sebelum krisis yang sekitar USD 2.000 per FEU. Ditambah lagi sekarang lagi susah kontainer, lengkap sudah penderitaan Shipper. Orang bilang, ngga ada pilihan lain.
Siap-siap rute lain mengalami hal serupa. Sekali lagi menurut kitorang, ini bukan aji mumpung tapi masanya pelayaran menutupi kerugian yang diderita tahun 2009 lalu, plus nyari margin untuk tahun ini supaya raport-nya ngga jeblok.

Tetap waspada dengan fluktuasi harga yang diperkirakan akan berlangsung selama 3 (tiga) bulan kedepan. Menjelang Puasa dan menjelang Natal serta Tahun Baru 2011 harga-harga masih mungkin bergejolak dan jangan salah harga minyak bisa merangkak naik.

Masih jauh Bro' ... tapi pedagang memilih menyetok barang ketimbang terburu-buru shipment tapi harga bisa menggila kayak sekarang. Ngga 'lah yaw - gitu kira-kira komentar Pedagang.

Keep close monitor, itu aja pesannya. Simak juga deh gambaran tabel diatas sebagai rujukan analisis - bila diperlukan.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar