Jumat, 11 Juni 2010

JT 110610 : Hanjin - Isu Penahanan Kontainer

Gerah juga pihak Hanjin bila ngga berkomentar tentang hal yang satu ini (bukan gossip nih). Sempat beredar isu bahwa Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMCB) menahan 5.900 unit kontainer milik pelayaran Korea Selatan tersebut.

Yang bikin hebah karena dikaitkan dengan isu kesulitan keuangan dan ngga bisa bayar ke pihak penyewa. Hanjin menyewa container tersebut dari pihak Unitas selama 8 tahun (2001-2009). SMBC adalah pihak yang membiayai produksi container diatas.

Pasalnya, pihak Unitas merujuk perjanjian sewa bahwa status kepemilikan ngga bisa berpindah ke Hanjin apabila pihak Hanjin ngga membayar balloon payment sekali lagi, sebelumnya sudah membayar namun diperhitungkan dalam cicilan, sehingga ngga afdol.

Kejadian diatas dianggap Hanjin sebagai tindakan melawan hukum atau bertentangan dengan kontrak. Jadi ngga benar isu ini terkait masalah keuangan perusahaan. Ini hanya masalah kisruh kontrak perjanjian antara
Unitas, Hanjin dan SMBC.

Asal tahu aja, sebagai bukti bahwa Hanjin ngga dalam masalah keduitan. Awal bulan Juli 2010, Hanjin bakal menerima kapal 10.000 TEUs dari galangan Samsung Heavy Industries (SHI) dan kapal ini merupakan seri pertama dari 5 unit yang dipesan. Masih ragu ?

Gitu aja koq repot. Tapi perlu juga klarifikasi khan supaya Pembaca ngga menilai yang lain. Take care.

Sumber : STA-Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar