Minggu, 20 Juni 2010

JT 200610 : Koalisi WPA, CP & Borealis Infrastructure


Kitaorang konsisten untuk ngga masuk ranah politik, karena urusan prediksi khan lebih diminati Observer (alias pengamat). Bisa jadi menurut Penulis, istilah yang cocok kolaborasi, bukannya koalisi. Maklum di negeri ini harus jelas penulisannya, supaya tujuannya mengena.
Adalah Windsor Port Authority (WPA), Canadian Pacific (CP) dan Borealis Infrastructure (divisi dari Ontario Municipal Employees Retirement System - OMERS), membentuk entitas baru Continental Rail Gateway (CRG coalition) untuk mendisain opsi lain sistem jaringan kereta api.

Ketiganya berkoalisi menyangkut pengembangan, pembiayaan dan konstruksi terowongan baru, menggantikan terowongan lama yang sudah dianggap "djadoel" karena ngga bisa menampung perkembangan industri ini saat sekarang.

Di Kanada, ada bangunan terowongan bawah tanah yang melintasi Sungai Detroit. Dibuka tahun 1090 dan terowongan inilah yang akan dicarikan penggantinya karena sudah ngga memungkinkan diperbesar lagi. Terakhir kali, terowongan ini diperluas tahun 1994.

Terowongan berusia 1 (satu) abad tersebut, bisa mengakomodir kargo rata-rata 350.000 rail cars setiap tahunnya. Sayangnya, seiring perkembangan jaman, terowongan ini ngga bisa menerima double-stack, 9'6" dan kontainer generasi terbaru.

Opsinya, menggunakan area lintas Windsor/Essex County/Detroit/Wayne County yang kedepannya disiapkan menjadi logistics hub. Hali ini penting karea pelabuhan Montreal berencana meningkatan kapasitasnya dalam 10 tahun kedepan. Proses review lingkungan dimulai sejak tahun 2009 lalu.

Selesainya kapan ? Urusan merekalah tetapi diperkirakan sekitar 3 (tiga) tahun atau baru bisa diketahui hasilnya tahun 2012 mendatang. Itulah yang dinamakan perencanaan (planning). Harus matang supaya ngga mubazir dan jangan melulu mengharapkan duit proyek.

Dahulukan kepentingan bangsa dan negara, jangan ribut-ribut komisi didepan dengan dalih Dana Aspirasi. Yakin bisa memegang amanat wahai Para Wakil Rakyat Yang Mulia ? Berdo'alah supaya bisa dan optimis selalu ya.

Sumber : EFT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar