Rabu, 16 Juni 2010

JT 160610 : Amrik Pusing Hadapi Tumpahan Minyak BP

Ngikutin perkembangan bencana besar di pertengahan tahun ini, yakni tumpahan minyak di anjungan milik raksasa energi yang bahkan diprediksi bisa bangkrut, British Petroleum (BP). Jangan melulu mlototin World Cup 2010 dan lupa kebiasaan apdet info ini.

Tumpahan minyak kini telah menyebar ke bagian selatan Florida dan memasuki Lautan Atlantik. Investor di tiga negara baik, termasuk Louisiana dan Alaska, menuntut Dewan Direktur BP karena kerugian pemegang saham lebih dari USD 50 milyar.

Anjungan minyak BP yang kini sudah tenggelam tersebut, berlokasi di bagian selatan Amrik. Bahkan BP Plc menghadapi lebih dari 225 tuntutan hukum dari 11 negara bagian yang diajukan pelaku bisnis, individu, dan investor setelah 2 bulan ledakan ledakan rig minyak Deepwater Horizon di Teluk Meksiko.

Presiden Amrik Barrack Obama pun dibuat kleyengan mikirin isu ini sehingga sempat menimbulkan indikasi jangan-jangan gara-gara isu tumpahan minyak ini, do'i batal ke republik ini - disamping ada isu panas minggu lalu seputar serangan Israel ke kapal relawan Marvi Marmara dimana sejumlah umat Muslim yang bersimpati sempat dilukai secara sengaja oleh pasukan komando bangsa Yahudi ini.

Obama mengemukakan pemerintah akan melakukan berbagai cara memperbaiki teluk dan pantai, serta memulihkan kondisi masyarakat akibat tragedi itu. Obama juga meminta BP Plc segera menghentikan tumpahan karena mengancam ekonomi rakyat dan lingkungan pesisir.

Percaya ngga ? Namanya musibah ya hadapi saja. Paling, kalau gagal ya reputasi Obama yang dipertaruhkan. Yuuuk, kita ikuti bersama-sama kelanjutannya. Baca juga rujukan sebelumnya, isu awal petaka BP di JT 310510.

Sumber : Kompas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar