Rabu, 02 Juni 2010

JT 020610 : Antisipasi Tumpahan Minyak Ex Bunga Kelana 3

Minggu lalu, ada musibah tabrakan antara kapal tanker Bunga Kelana 3 (milik MISC) dengan bulker Waily hari Selasa (25/05) sekitar jam 06.10 pagi. Kapal tanker dikabarkan menumpahkan 2.000 ton minyak mentah dan kini dalam pengawasan Maritime & Port Authority of Singapore.

Peristiwa naas ini terjadi di sebelah tenggara bandara East Changi di Singapura namun beruntung dari kedua belah pihak tidak ada korban jiwa. Kondisi disekitar ngga terpengaruh dengan kejadian ini setelah 4 unit kapal bantuan langsung ke lokasi.

Yang namanya tabrakan biasanya mengundang bencana, apalagi dan kapal tanker mengalami robek cukup dalam. Hungga kini dikerahkan 15 unit kapal untuk mengantisipasi tumpahan minyak supaya ngga sampe menyebar ke pantai.

Pihak regu penyelamat yang berjumlah 120 orang akan memastikan hal tersebut dan sudah menyemprotkan cairan non-toxic dan bio-degradable ke lokasi tumpahan.

Kapal Bunga Kelana 3 memiliki bobot 105.784 dwt (buatan tahun 1998, dioperasikan oleh afiliasi MISC yakni AET), bobot Waily 25.449 dwt (buatan tahun 1983).

Pihak operator AET sejauh ini hanya menyebutkan, semua dalam kondisi aman, begitu juga pernyataan MPA Singapura. Semoga.

Rujukan lain, silahkan klik alamat disebelah ini milik MPA : http://www.pulauhantu.org/collision-between-mt-bunga-kelana-3-and-mv-waily-in-the-singapore-strait-mpa-update/

Sumber : STA-Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar