Minggu, 13 Juni 2010

JT 130610 : OOCL, Kontainer 234, SSL

Pelayaran yang bermarkas di Hong Kong, OOCL, merevisi servis Intra-Asia-nya KTX (Kanto/Kansai Taiwan South China Express) menjadi seminggu 3x. Selain KTX, OOCL memiliki KTX 2 dan KTX 3.

KTX 2 (Jepang – Cina Selatan – Thailand) dibesarkan kapasitasnya dari 2.700 TEUs menjadi 4.500 TEUs dan KTX 3 (Asia Tenggara) rotasinya diperbarui menjadi Singapura – Port Kelang – Jakarta – Singapura.

Tahukah jumlah kapal kontainer yang nganggur (idle) masih bejibun ? Menurut Alphaliner ada pengaktifan kembali sebesar 66.000 TEUs karena diprediksi antisipasi peak season.

Kini, jumlah kapal kontainer yang idle tinggal 482.000 TEUs atau setara 3,5% dan merupakan angkat terendah sejak Desember 2008. Jumlah kapal secara unit ada 234 dengan 7 diantaranya berkapasitas 5.000 TEUs.

Padahal dibulan yang sama tahun 2009 lalu, tercatat 533 kapal idle termasuk 52 unit kapal berkapasitas diatas 5.000 TEUs. Bisakah disebut kondisi perekonomian sudah pulih dan dunia pelayaran bergairah kembali ?
Ngomong-ngomong, kini Samudera Shipping Line (SSL) menambah kapal kontainer di rute Kolkata – Haldia Express (CALEX) guna mrespon permintaan pasar dari dan ke Kolkata.

SSL memulai layanan CALEX sejak 1998 dan kapal yang ditambahkan berukuran 629 TEUs. Akankah rute ini menjadi tradisi SSL mengembangkan sayap biz-nya di anak benua ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar