Selasa, 14 Januari 2020

JT 140120 : Pertumbuhan RRCina Tahun 2019 Hanya 6,1 Persen

Boleh dibilang gerak langkah negeri Panda yang cukup ekspansif bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi negaranya di kuartal 4 tahun 2019, hanya tumbuh 6 persen dibanding data tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi RRCina selama 2019 yang mencapai angka 6,1 persen, disebut-sebut sebagai yang terjelek selama 29 tahun terakhir. Tapi jika dibandingkan dengan target pemerintah yang 6-6,5 persen, masih ok lah.

Boleh dibilang terjadi perlambatan karena di tahun 2018 masih di angka 6,6 persen dan para analis mewanti-wanti apa yang akan dilakukan pemerintah di tahun2 mendatang sementara proyek OBOR / one belt one road terus digaungkan.

Selama kurun waktu 2 tahun ini, ditambah eskalasi perang dagang antara Amrik + RRCina bisa dibayangkan dampak yang terjadi sehingga pemerintah Tiongkok pun mengambil posisi angka pertumbuhan moderat.

Hal yang akan banyak berpengaruh adalah sisi investasi akan banyak terkoreksi, apalagi disadari bahwa konstruksi + properti memegang peranan penting selama 2 tahun belakangan sehingga penyerahan unit pun jadi mundur 2-3 tahun kepada Pelanggan.

Waspadai terus perkembangan yang ada agar sejalan apa yang terjadi di Tanah Air. Minimal untuk bisnis yang tengah kita geluti, apapun sektornya. Kompromi antara Amrik + RRCina sudah ditandatangani kedua negara tapi dampaknya blon terasa.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar