Rabu, 01 Januari 2020

JT 010120 : Matson Operasikan Kapal Con-Ro Terbesar


Kapal Con-Ro itu merupakan kapal kombinasi untuk angkutan kontainer sekaligus juga Ro/Ro – di Indonesia dikenal dengan nama kapal ferry. Makanya di Amrik disebut Con-Ro alias Container / Ro-Ro, bukan sop konro loh ya.

Kabarnya, belum lama ini pelayaran yang berbasis di Hawaii, Matson Navigation ato Matson ini, baru aja mendapatkan kapal baru yaitu Lurline yang memiliki kapasitas 3.500 TEUs + car-deck holding 500 unit kendaraan. Wooow keren nih.

Menurut media American Shipper, kapal Con-Ro ini dibuat di galangan kapal General Dynamics NASSCO di San Diego, Amrik dan Lurline merupakan kapal terbesar dikelasnya (maksudnya Con-Ro) yang pernah dibuat di Amrik.

Sementara itu, kapal kedua yang nantinya bakal menjadi sodara kembarnya yaitu Matsonia masih dalam konstruksi dan direncanakan dikirim ke sang pemilik di kuartal 2 tahun 2020 ini. Untuk sepasang kapal ini Matson membayar USD 500 juta.

Kapal baru ini akan menggantikan posisi kapal2 lawas yang selama ini dioperasikan Matson. Selain 2 (dua) kapal Con-Ro, Matson juga sudah menyelesaikan program peremajaan kapal kontainer-nya yang dikirim tahun 2018 + 2019 lalu.

Nantinya, di setiap loop Matson akan digantikan dengan kapal anyar dan kapasitasnya lebih gede sehingga rute antara Seattle, Oakland + Long Beach ke Honolulu bisa menggunakan 9 kapal saja, dibanding sekarang dengan 10 kapal.

Kapal Lurline akan melaksanakan pelayaran perdana (maiden voyage) segera, rencana berangkat Oakland + Long Beach tgl 9 + 11 Januari 2020 dan rencana tiba di Honolulu tgl 15 Januari 2020.

Spesifikasi Lurline, memiliki panjang 870 kaki, lebar 114 kaki + draft 38 kaki. Bagi Matson, ini kapal terbesar yang dimilikinya dan tercepat karena bisa bergerak dengan kecepatan 23 knots. Lumayan, bisa menyempurnakan on-time delivery.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar