Sabtu, 11 Januari 2020

JT 110120 : WB Prediksi Ekonomi Global Tumbuh 2,5 Persen di 2020


Prediksi yang senantiasa dipakai adalah milik World Bank (WB), apalagi terkait pertumbuhan ekonomi global. Jarang2 orang di republik ini tertarik dengan data dan cara mengolahnya. Mengumpulkan jago tapi gak bisa menelaah, sayang juga.

Laporan Global Economic Prospects, menyebutkan bahwa ekspansi global akan meningkat hingga 2,5 persen untuk 2020 dari laju pertumbuhan 2,4 persen pada 2019, sebagian besar berkat stabilnya kondisi di beberapa negara berkembang.

Pertumbuhan ekonomi di kelompok negara-negara maju diperkirakan turun menjadi 1,4 persen pada 2020, sebagian karena berlanjutnya pelemahan di bidang manufaktur.

Sementara itu, pertumbuhan di pasar negara berkembang diperkirakan akan naik menjadi 4,1 persen pada 2020. Namun, sekitar sepertiga dari pasar dan ekonomi berkembang diproyeksi melambat tahun ini karena ekspor dan investasi lebih lemah dari perkiraan.

Khusus untuk Indonesia, World Bank memperkirakan pertumbuhan ekonominya menguat menjadi 5,1 persen pada 2020 serta 5,2 persen untuk 2021 + 2022, dari hanya 5 persen pada 2019.

Secara umum, penurunan pertumbuhan ada di zona Euro, RRCina bahkan Amrik. Tetapi di negara berkembang bisa di angka 4 persen tetapi gak merata mirip titik hujan yang jatuhnya sporadis.

Namanya perkiraan bisa berubah sewaktu-waktu, melihat perekonomian sebuah negara ato menunggu ketegangan seperti krisis Timur Tengah, polemik Brexit ato isu Natuna bagaimana pengaruhnya di dunia internasional.

Ada baiknya kita cukup tahu. Kenapa Indonesia masih dianggap bagus padahal sebagian masyarakatnya mengaduh atas sikon ekonomi saat ini. Ato gak sampe brasa di negeri sono ? Entahlah.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar