Selasa, 07 Januari 2020

JT 070120 : Percikan Diatas Kapal Cosco


Sebuah percikan api terlihat diatas kapal Cosco berkapasitas 10.020 TEUs akhir pekan lalu, menyebabkan kapal harus mampir ke Kolombo untuk keperluan inspeksi keamanan kargo, skaligus kapalnya.

Terkait adanya percikan api diatas, pihak Cosco menyampaikan kepada Customer bahwa penanganan api sudah dapat ditangani dengan baik, hanya saja nilai kerugian yang diderita masih dikalkulasi.

Untungnya, dalam kejadian minor ini gak ada korban jiwa. Kapal ini dimiliki oleh Cosco Shipping (RRCina), dan sedang dalam pelayaran dari Port Kelang, Malaysia menuju Nhava Sheva Port, India.

Sebab kecelakaan masih diinvestigasi namun dilaporkan media cetak, adanya misdeklarasi jenis muatan berbahaya (dangerous goods). Lagi pula hanya 2 kontainer yang benar2 rusak. Yang lainnya terkena dampak.

Pihak Cosco sudah meminta pihak Customer yang mengirim barang buat mengklarifikasi jenis muatan yang dikirim dan mungkin mendeklarasikan muatannya salah (false declaration). Ada gitu yang mo ngaku jika sudah kejadian ? Entahlah.

Informasi yang diperoleh dari automatic identification system (AIS) menunjukkan bahwa kapal berangkat dari Port Klang pada tgl 3 Januari 2020 dan tiba di Kolombo pada tgl 5 Januari 2020. Hingga saat ini kapal masih bersandar di Kolombo.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar