Sabtu, 19 September 2015

JT 190915 : Pengusaha Tiongkok Incar Kumport

Pelabuhan laut terbesar ke-3 di Turki, Kumport, rupanya tengah dilirik perusahaan-perusahaan Tiongkok. Gak percaya ? Simak deh analisis singkat berikut ini.

Dua diantara perusahaan tsb yaitu China Merchants dan China Ocean Shipping Company (COSCO), serta satu perusahaan penyandang dana milik pemerintah Tiongkok, China Investment Corp. (CIC). Sumber-sumber yang dekat dengan pihak pemerintah memberi sinyal seperti itu.

Yang pasti perlu sih kayaknya COSCO. Selepas isu sensi di pelabuhan Piraeus tempo hari dan demo gede-gedean yang menolak swastanisasi di era Tsakis yang akhirnya resign dan bangkrutnya Yunani sebagai sebuah negara, membawa implikasi serius bagi biz Cosco. Jadi pelayaran ini sedang mencari opsi dan Kumport menjadi salah satunya.

Saham mayoritas Kumport (setelah diprivatisasi tahun 2007) dimiliki Fiba Holding dan 35 persen sisanya dimiliki Oman State Fund. Menurut sumber-sumber di pemerintahan Tiongkok dan Turki semua opsi bisa terjadi, hanya yang terbaiklah yang dipilih. Termasuk bila Oman State Fund bersedia melepas kepemilikannya.

Konsorsium Tiongkok dikabarkan nyiapin dana hingga USD 1,5 milyar - sumber tadi menambahkan. Detil komposisi saham konsorsium seperti apa dan bagaimana, blon dirilis loh. Kitaorang juga nunggu koq.

Udk. COSCO merupakan pemegang saham di Piraeus Port, Yunani padahal pelayaran Cina daratan ini memiliki 800 unit kapal berbagai jenis dan berbagai ukuran. Memiliki koneksi ke 1.600 pelabuhan di 160 negara. Powerful bingits nih.

Cosco memiliki saham monirotas di China Merchants Group, sebuah perusahaan yang bermarkas di Hong Kong serta memiliki asset USD 131 milyar, sedangkan CIC mengelola asset senilai USD 750 milyar. Hmm maut juga ya.

Kumport terletak di Istanbul bagian Eropa dan memiliki pertumbuhan angkutan pelayaran mengagumkan, sekitar 23 persen antara tahun 2007 – 2013, sesuai pernyataan di website perusahaan. Apakah ini juga yang menarik raksasa Cina melirik Kumport ?

Lebih spesifik lagi, Kumport menangani 16 persen total volume angkutan pelayaran kontainer di Turki selama tahun 2013 dan dengan komposisi tersebut, menempatkan diri Kumport sebagai pelabuhan ke-3 terbesar di Turki dengan volume 1,3 juta TEUs / tahun.

Yuuuk kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar