Rabu, 16 September 2015

JT 160915 : “Evergreen” Order 10 x 2.800 TEUs

Pelayaran Taiwan, “Evergreen” saat ini tengah mulai membangun armada baru dengan order 10 x 2.800 TEUs, mereka menyebutnya C-type class ship. Galangan yang ditunjuk Imabari Shipbuilding Group, Jepang.

Kapal-kapal kecil ini nantinya buat dipasang di rute Intra-Asia karena pihak Evergreen berkeyakinan bahwa “Regional Comprehensive Economic Partnership” (RCEP) segera diimplementasikan sehingga perdagangan antar negara di Aussie, Tiongkok, India, Jepang dan Korea Selatan menjadi pasar bebas.

Evergreen sendiri sebelumnya sempat memesan sejumlah kapal dari galangan domestik, CSBC Corp, dan kiriman kapalnya siap dirilis mulai Semester 2 – 2016 hingga Semester 1 – 2017. Sedangkana kapal pesanan dari Imabari baru bisa mulai dikirim di Semester 1 – 2018.

Program jangka menengah yang didisain pelayaran anggota aliansi CKYHE ini cukup strategis dan pembaruannya pun boleh dibilang terstruktur dengan baik. Di aliansi ini Evergreen bermitra dengan COSCO, Yang Ming, Hanjin Shipping (HJS) dan “K” Line.

Tidak hanya kapal-kapal kecil yang akan memperkuat armada kapal “pasukan hijau” di masa dating namun pihaknya memiliki perjanjian khusus dengan “Shoei Kisen Kaisha” (afiliasi dari Imabari Group), untuk menyewa 5 x 14.000 TEUs dan kapal siap kirim tahun 2017 serta 11 x 18.000 TEUs yang akan dikirim antara tahun 2018-2019.

Hmm … ancang-ancang mematikan buat kompetitor yang lengah dengan kondisi perkuatan aliansi strategis. Ato ini langkah CKYHE seandainya isu merger COSCO dengan CSCL jadi melebur ? Entahlah, masih abu-abu semua.

Stay tune.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar