Jumat, 11 September 2015

JT 110915 : Bila "COSCO-CSCL" Merger, Yang Lain Nyusul

Serunya dinamika pelayaran gak pernah surut. Ada aja isu yang bikin karyawan deg-deg-plas akibat isu ini. Pas ada gossip merger ato akuisisi, pasti pada panas dingin ngedadak, malah nervous juga. Pikiran yang terlintas, mampus deh kena PHK.

Yang berpikir positif, ada juga, asyiiiik, dapat pesangon, lumayan buat modal. Nah, pilihan ada di masing-masing individu. Kita sih cuma ngeramein doank, supaya yang selama ini adem ayem, bisa melototin perkembangan yang ada.

Kabar terhangat sejak bulan lalu adalah, wacana merger antara 2 (dua) perusahaan pelayaran besar di daratan Cina, yaitu Cosco Container Line (Coscon) dan China Shipping Container Lines (CSCL).

Prediksi Drewry Maritime Research, implikasi merger Cosco- CSCL gak hanya disektor keuangan doank, tapi kompetisi antar pelayaran global bakal tambah seru dan sensi. Singkat kata, merger 2 (dua) pelayaran ini akan memberi efek domino yang hebat.

Setidaknya, dampak yang bakal terasa adalah konstelasi aliansi strategis yang beroperasi saat ini. Cosco adalah anggota dari CKYHE sedangkan CSCL merupakan salah satu anggota dari aliansi O3 (Ocean 3).

Bukan cuma itu. Pelayaran Asia akan berlomba-lomba beradaptasi dengan mengguritanya bisnis Cosco-CSCL di pasar Intra Asia dan sekitarnya. Itu pasti bakal brasa bingitz. Setidaknya Jepang dan Taiwan yang memiliki beberapa pelayaran besar dan berpengaruh di aliansi strategis.

Cosco-CSCL merupakan perusahaan pelayaran di urutan ke-6 dan 7 dunia saat ini. Bisa dibayangkan konfigurasi yang ditimbulkan setelah merger ini ? Siapa bakal dihajar dan mana yang akan dicaplok menjadi bursa yang empuk buat diperdebatkan.

Selama ini, para pengamat cukup konsisten mempertanyakan, kenapa Tiongkok harus memiliki 2 (dua) perusahaan pelat merah untuk bersaing di pasar global ? Makanya bila jadi disatukan, dampak finasial lebih brasa, ditambah lagi persaingan keduanya bakal hilang tetapi menjadi kekhawatiran lawan.

Di balik berbagai analisis yang beredar luas saat ini, standar ganda yang diterapkan oleh pemerintah Tiongkok sulit dipahami oleh masyarakat luas. Tetapi satu yang jelas, di saat keduanya dihantam kerugian, harus diambil jalan tegas, yaitu : MERGER.

Bagaimana kelanjutannya, mari kita ikuti terus perjalanannya. Dan bila maujud, akankah yang lain otomatis akan mengikuti langkah Cosco-CSCL ? Itulah yang bikin industri pelayaran jadi hingar bingar lagi.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 110815 : Dalam Wacana, COSCO + CSCL Merger.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar