Jumat, 18 September 2015

JT 180915 : Order Kapal Gede Naik 13 Persen Di Tahun 2020

Menurut laporan analis "IHS Maritime & Trade", tren order kapal gede (mega containership) meningkat 6x lipat, terhitung sejak tahun 1975 dan paling tidak meningkat 13 persen di akhir dekade ini. Hmm luar biasa.

Analis menjelaskan bahwa peningkatan luar biasa dalam hal kapasitas kapal container, merefleksikan pertumbuhan globalisasi selama 4 (empat) dekade terakhir. Selain itu, kontainer muncul menjadi idola dan pelayaran bermain dengan kombinasi skala ekonomi dan efektifitas bahan bakar kapal.

Tren pertambahan jumlah kapal gede yang dipesan beberapa perusahaan pelayaran global, mengindikasikan akan adanya perang harga dalam waktu dekat. Ato dengan kata lain, bila permintaan Pelanggan sedang turun sedang ruang untuk mengakomodir terbuka luas, bisa timbul gesekan-gesekan politis juga.

Contoh paling nyata, “CMA CGM” sudah menorehkan persetujuan untuk membangun 6 (enam) unit kapal berkapasitas 14.000 TEUs. Sebelumnya lagi, sudah pula membuat rekor fdengan membangun 3 x 20,000 TEUs.

Sementara 2 (dua) anggota aliansi strategis “MOL” dan “OOCL” sudah meyiapkan daftar pesanan (berikut harga yang fantastis) dan sebagai penutup, Maersk membutuhkan dukungan 11 unit kapal anyar berkapasitas 19.500 TEUs.

Wooow, seru aja nih. Take care Bro’.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar