Selasa, 14 Juli 2015

JT 140715 : Yunani Tetap Di Zona Euro

Horeee, Yunani gak jadi didepak dari Euro. Entah ini kabar bagus ato malah sebaliknya ? Simak info terkini dari BBC berikut ini. Kepala Komisi Eropa, Jean Claude Juncker mengatakan bahwa Yunani telah keluar dari risiko didepak dari zona euro.

Para pemimpin zona euro akhirnya mencapai kata sepakat dalam pembahasan tawaran dana talangan (bailout) ketiga kepada Yunani setelah melalui pembicaraan maraton di Brussels, Belgia.

Kesepakatan itu terdiri dari sejumlah hal. Diantaranya adalah meminta Yunani merampingkan anggaran pensiun, meningkatkan penerimaan pajak, dan liberalisasi pasar tenaga kerja. Sebagai imbalannya, bailout senilai € 86 miliar ato setara £ 61 miliar akan digelontorkan kepada Yunani.

Pasca pertemuan itu, para pejabat Eropa juga menegaskan bahwa Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras telah menyetujui penjualan sejumlah aset untuk membayar utang. Namun, sampai saat ini belum jelas benar aset apa yang kelak akan dilego.

Yunani “terpaksa” ato “dipaksa” menerima bailout sehingga risiko yang dikhawatirkan kini ada didepan mata. Aset mana yang akan dilego untuk menutup hutang negeri para dewa-dewi agar terhindar dari kebangkrutan.

Bagi Tsipras sang perdana menteri, posisi ini kembali menyulitkan dirinya. Mo lanjut gimana, gak dilanjut juga gimana. Mirip buah simalakama. Namun butir kesepakatan sudah digulirkan dan tinggal menunggu realisasinya.

Ngomong-ngomong dari segitu banyak yang diminta, apa saja sih sebenarnya yang diminta investor ? Isi beleid itu diantaranya, pertama, reformasi yang akan dilakukan Yunani harus diratifikasi oleh parlemen pada 15 Juli nanti.

Kedua, reformasi yang ambisius untuk para pensiunan dan pasar tenaga kerja. Ketiga, kreditur internasional dapat terlibat langsung di Yunani dan memiliki pengawasan penuh atas rancangan undang-undang.

Keempat, dimungkinkannya transfer aset berharga Yunani senilai € 50 miliar untuk dana eksternal dengan tujuan privatisasi. Kelima, dilakukannya negosiasi terkait kemungkinan Yunani keluar dari keanggotaan Eropa untuk sementara waktu, dengan restrukturisasi utang jika pengajuan bailout tidak mendapat persetujuan Yunani.

Moga-moga Tsipras masih inget mandate dari rakyatnya. Lewat referendum awal minggu lalu, rakyat Yunani memilih NO ato nolak bantuan asing. Yunani harus bisa berdiri diatas kakinya sendiri. Waduuuh.

Runyem juga ya. Maju kena, mundur kena. Kini saatnya Tsipras dan kawan-kawan membuktikan bisa menyelamatkan Yunani dari krisis berkepanjangan. Kalo berhasil pasti diselamati tapi kalo bangkrut, gubraaaak !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar