Sabtu, 11 Juli 2015

JT 110715 : "Maersk Line" Order 9 x 14.000 TEUs

"Maersk Line", pelayaran terbesar di dunia saat ini, baru saja menandatangani pembuatan 9 (sembilan) unit kapal baru berkapasitas 14.000 TEUs dan info terkini menyebutkan, bakal menggunakan bendera Singapura.

Galangan yang dipercaya membuat kapal ini, "Hyundai Heavy Industries" (HHI), Korea Selatan. Order ini bernilai USD 1,1 milyar dan diberi opsi bisa menambah 8 (delapan) unit, sepertinya melihat perkembangan pasar juga. Kapal ini memiliki panjang 353 meter. Hmm ... Panjang juga ya.

Order pembuatan kapal baru ini merupakan yang ke-3 di tubuh "Maersk Line" dan merupakan program investasi berkesinambungan perusahaan raksasa asal Denmark yang diumumkan September 2014, utamanya agar pelayaran ini tetap bisa eksis dan berkompetisi sesuai jamannya. Efek domino perlambatan ekonomi global banyak mempengaruhi niatan ekspansif pelayaran global.

Order pertama Maersk, yakni 7 x 3.600 TEUs feeder ship dan kemudian 11 x 19.630 TEUs triple-E class. Gak tanggung-tanggung, Maersk menyiapkan dana investasi hingga USD 15 milyar ! Kapal-kapal yang dibangun nantinya berkarakter multi-fungsi, artinya bisa dioperasikan dimana saja, gak khusus di rute tertentu doank. Tooop.

Pemilihan spesifikasi ini akan mendorong Maersk Line menjadi pelayaran efektif dan efisien - demikian sebagaimana disampaikan chief operations officer (COO) Maersk Line, Soren Toft. Disain kapal yang fleksibel dioperasikan, menjadi prioritas bagi Maersk dan diujungnya sebenarnya, pemanfaatan bahan bakar yang irit, menjadi pendorong utama.

Oh iya, ke-9 kapal anyarnya nanti diprediksi masuk jajaran armada Maersk Line di tahun 2017 mendatang. Sejak tahun 2002, HHI telah mengirim lebih dari 50 kapal kontainer ke pihak Maersk, termasuk 22 WAFMAX (4.500 TEUs) yang dikirim antara tahun 2011 - 2013. Wuiiih, mantep.

HHI dianggap Maersk memiliki reputasi yang baik dan memuaskan sehingga jangan heran bila order kapalnya mencapai angka yang fantastis, diatas 50 kapal ! Aje gile bener. Kalo sampe pindah ke lain hati, setengah mati HHI nyari gantinya h hi hi.

Hidup Maersk Line.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar