Kamis, 25 Juni 2015

JT 250615 : “Samsung” & “Nutella” Buat Gebrakan

Dua isu besar di dunia bisnis yang menarik untuk dicermati. Pertama, rencana merger 2 (dua) perusahaan Korea yang sama-sama dalam satu genggaman tetapi oleh sang pemilik mo disatuin supaya lebih wooow performansinya.

Dua perusahaan dimaksud adalah “Cheil Industries Inc.” dan “Samsung C&T Corp.”. Bila disetujui pemegang saham nantinya akan menggunakan nama “Samsung C&T”. Namun kabarnya, pemegang saham minoritas kabarnya menolak.

Keluarga pewaris Samsung Group, Lee Kun Hee berencana menggabungkan Samsung C&T dan Cheil supaya memiliki kendali penuh terhadap seluruh bisnis perusahaan. Kedua perusahaan yang terdaftar di bursa Korea Selatan ini memiliki nilai valuasi gabungan lebih dari KRW 30 triliun. Hmmm, maut juga ya.

Topik ke-2, isu Nutella Membeli Thorntons. Seperti kita tahu, Nutella adalah perusahaan pembuat coklat asal Italia dan blon lama ini mengajukan penawaran membeli perusahaan coklat asal Inggeris, Thorntons Plc senilai GBP 112 juta ato USD 178 juta.

Kesepakatan diatas sudah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham Thorntons. Mereka mengatakan tawaran tunai tersebut adil dan wajar. Saham Thorntons naik 42,9% setelah pengumuman itu menjadi 149 pence per saham.

Nutella dibangun oleh Michael Ferrero, yang meninggal awal tahun ini, dan kini bisnisnya Ferrero diteruskan oleh pewaris keluarga dan sepertinya bakal lebih agresif. Buktinya, kompetitor mereka dibuat terkejut dengan keputusan diatas.

Tercatat mereka yang berminat mengajukan penawaran serupa : Mondolez International, Nestle serta Mars and Hershey. Mengutip Reuters, Chief Executive Ferrero, Giovanni Ferrero mempertimbangkan pertumbuhan melalui akuisisi menjadi lebih kompetitif secara internasional.

Siiip, lanjut bozz. Peta bisnis bakal mengalami pergeseran dimasing-masing sektor nih. Yang memble bakal jeblok dan bangkrut sedangkan yang jitu semakin perkasa. Watch Out !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar