Jumat, 12 Juni 2015

JT 120615 : Impor Rusia Rontok, “2M” Kena Imbas


Kondisi perekonomian dunia yang terus melemah, semakin kentara. Di Tanah Air kondisi ini sudah terlihat sejak awal tahun 2015. Order pengusaha truk anjlok, muatan kargo antar pulau menurun lumayan dan angkutan kereta api barang juga terlihat gak optimal.

Kabar terkini, kondisi politik dalam negeri Rusia masih belum stabil, apalagi terkait isu Ukraina. Kini ditambah lagi, volume impor mengalami penurunan drastis sehingga aliansi strategis “2M” (Maersk Line dan Mediterranean Shipping Co / MSC) memilih untuk merevisi kebijakan.

2M memutuskan untuk mengurangi kapasitas muat kapal, dari rata-rata 9.500 TEUs menjadi 6.500 TEUs di servis Condor / AE 9 (Asia – Med). Kondisi ini meupakan suatu keputusan gak popular tetapi harus dipilih – demikian menurut media “American Shipper”.

Perubahan ini jelas akan membawa implikasi luas, termasuk kombinasi pelabuhan, rotasi kapal hingga pemerataan pengoperasian kapal. Bisa berimbas ke area lain nih. Asia – Eropa (AE) dan Amrik sedang sekarat, kini menjalar ke Asia – Med. Hadeuuuuh.

Repotnya lagi, tahun-tahun ini perusahaan pelayaran bakal dibanjiri dengan kehadiran kapal-kapal gede dan super-gede. Yang menggembirakan di rute Asia – Med saat ini, harga masih relatif stabil sedangkan rute lain, sudah terjun bebas.

Masih bisa disyukuri untuk jangka pendek, entah jangka menengah nanti.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar