Jumat, 19 Juni 2015

JT 200615 : “MSC” Kembali Masuk “Southampton”, Setelah 40 Tahun

Boleh dikata, bagi pelayaran “Mediterranean Shipping Co.” (MSC), masuknya servis aliansi strategis “2M” ke pelabuhan Southampton (SOU) membuka lembaran bersejarah MSC dimasa lalu.

Setelah absen selama hampir 40 tahun, akhirnya bendera usaha pelayaran terbesar ke-2 didunia ini, kembali menorehkan sejarah dengan masuknya kapal “MSC Luciana” (11.660 TEUs).

MSC berkolaborasi dengan “Maersk Line” dan membentuk “2M”, dan salah satunya servisnya masuk SOU, Inggeris Raya. MSC mengkampanyekan servisnya dengan nama “Condor”. MSC sendiri sudah menjadi pelanggannya DP World Container Terminal karena Southampton dikelola oleh DP World.

MSC saat itu (sekitar tahun 2013) bermitra dengan “CMA CGM” dan memanfaatkan servis FAL 1 dan FAL 3 milik CMA CGM. Kini, CMA CGM sudah bermitra dengan UASC dan CSCL, membentuk “Ocean 3” (O3), sekaligus menjadi kompetitor berat 2M.

Di servis Condor, MSC menempatkan pula kapal-kapal gedenya seperti “MSC Vega” (13.000 TEUs). Tapi rata-rata kapal yang dioperasikan di Condor (Maersk Line menamainya dengan “AE9”), rata-rata kapal berkapasitas 9.000-9.500 TEUs.

Rotasi Condor ato AE9 : Tanjung Pelepas – Terusan Suez – Barcelona - Tangier Med – Southampton - Le Havre – Antwerp – Felixstowe - Tangier Med – Terusan Suez – Kolombo – Shenzhen/Chiwan – Ningbo – Shanghai – Shenzhen/Yantian – Shenzhen/Chiwan.

Minggu lalu, Maersk mengabarkan bahwa kemungkinan akan ada pengerucutan kapasitas sehubungand dengan menurunnya permintaan di pasar Med. Otomatis nantinya akan berdampak kepada keseluruhan operasional kapal 2M.

Kita tunggu saja keputusan lebih lanjut dari 2M. Seperti apa ya revisinya ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar