Selasa, 09 Juni 2015

JT 090615 : “Maersk” Pastikan Order 11 x 19.630 TEUs

Pelayaran terbesar di dunia, “Maersk Line” memastikan bahwa pihaknya memesan 11 x 19.630 TEUs dari galangan kapal “Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering” (DSME), Korea Selatan. Nilai kontraknya USD 1,8 milyar. Toooop !

Order diatas, blon termasuk opsi tambahan 6 x 19.630 TEUs bila diperlukan suatu ketika. Raksasa transportasi asal Denmark ini memastikan kapal terbarunya masuk dalam kategori “Triple-E”-class.

Selain pesanan diatas, Maersk pun memesan 7 x 3.600 TEUs yang akan digunakan sebagai feeder. Rasanya sih aneh aja, biasanya bila kompetitor memesan kapal gede, Maersk diam-diam mendisain kapal gede dan diumumkan saat akan peluncuran. Semacam kejutan gitu.

Sekarang rupanya sudah gak begitu lagi. Biarlah yang lain bersaing dengan ego dan ambisinya masing-masing tapi Maersk akan konsisten membangun armada kapal yang bisa menghimpun duit untuk memperkuat struktur keuangannya, ketimbang buat gaya-gayaan he he he.

Spesifikasi kapal baru ini, memiliki panjang 400 meter, lebar 58,6 meter dan draft 16,5 meter. Bagi Maersk, kapal ini akan menjadi yang terbesar di armadanya kelak dan seperti biasa, jatah kapal gede seperti ini mendapat tempat di rute Asia – Eropa (AE).

Kontrak kerjasama diatas, ditandatangani oleh Sung-Leep Jung (Presiden & CEO DSME) dan Soren Skou (CEO Maersk Line). Congrats !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar