Senin, 23 Februari 2015

JT 230215 : BEST Terima Kapal Terbesar "MSC London" (16.600 TEUs)



Terminal kontainer "Barcelona Europe South Terminal" (BEST) - milik Hutchison Port Holdings - belum lama ini menerima kehadiran kapal terbesar yang pernah di-handle, yakni "MSC London" (16.600 TEUs). Kehadiran kapal terbesar di area BEST merupakan kejutan tersendiri.

Kapal ini mencatat sejarah produktifitas baru, yakni membongkar 618 kontainer dan memuat 1.035 kontainer dalam kurun waktu kurang dari 8 (delapan) jam saja. Ato rata-rata sekitar 212,58 gerakan / jam - demikian sebagaimana dirilis oleh pihak Hutchison. Per crane bisa melakukan 45 gerakan, dan menjadi yang terbaik di Eropa.

Pencapaian diatas - menurut GM BEST, Guillermo Belcastro - menggunakan 7 (tujuh) crane, didukung 36 unit automatic stacking cranes. Keunggulannya BEST, merupakan satu-satunya terminal di kawasan Mediterania, dilengkapi 11 ship-to-crane yang mampu meng-handle kapal generasi ultra-large containership (ULCS).

Untuk kawasan Spanyol dan Perancis, BEST merupakan alternatif pelabuhan efisien dan tercanggih di Med. MSC London merupakan kapal terbesar dan terbaru yang dimiliki "Mediterranean Shipping Co." (MSC), dibangun tahun 2014.

Spesifikasi kapal ini panjang 399 meter, lebar 54 meter dan draft 16 meter. Masuknya kapal MSC London dibarengi Susan Maersk 10.300 TEUs di BEST karena aliansi strategis 2M (Maersk Line + MSC) menggunakan BEST sebagai hub-ports. Servis MSC yang menggunakan BEST : Dragon Express.

BEST dioperasikan oleh raksasa transportasi asal Hong Kong, "Hutchison Port Holdings Ltd" (HPH) dan mampu mengakomodir mega-ship ato kapal generasi terakhir. Dilengkapi on-dock railway terminal (8 tracks).

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar