Jumat, 06 Februari 2015

JT 060215 : Kondisi Parah Di Pelabuhan LA-Long Beach

Setidaknya, ini yang dialami duo pelabuhan besar di negeri Paman Sam. Hingga kemarin, diinfokan 22 (duapuluh dua) kapal menunggu antrian dan ini mencatat rekor tersendiri. Presiden Obama dibuat gak berkutik loh.

Kongesti di pelabuhan utama Amrik : LA-Long Beach ini memasuki tahap kritis saat 22 kapal menunggu antrian sandar di San Pedro Bay. Dari jumlah tsb, 16 unit diantaranya mencapai total agregat 100.000 TEUs.

Kapal terbesar adalah "CSCL Summer" (10.000 TEUs), sementara yang lainnya "CMA CGM Rigoletto" (9.400 TEUs), "Hanjin Long Beach" (8.500 TEUs) dan "Xin Fei Zhou" (8.500 TEUs) turut menunggu antrian di parkiran berikutnya.

Sejak Mei tahun lalu, perselisihan asosiasi pekerja gak pernah mencapai kesepakatan sehingga pelabuhan praktis didominasi oleh demo ato aksi mogok. Hal ini pula yang mengakibatkan sejumlah pelayaran enggan memasukkan kapal gede ke Amrik karena saking seringnya buruh demo.

Konflik berkepanjangan antara ILMU (International Longshore and Warehouse Union) dan PMA (Pacific Maritime Association) terus terjadi, bahkan pernah ditunjuk federal mediator tapi hingga kini tak kunjung usai. Padahal kapal yang datang terus bermunculan.

Amrik, what's happen with youuu ? kayaknya operator kapal sudah cukup sabar. Gimana lagi ya ? Negara adikuasa yang ternyata tidak cukup kuasa mengatur pelabuhannya sendiri. Ironis ya …


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar