Selasa, 10 Februari 2015

JT 100215 : Kenya Dapat Suntikan Dana Kembangkan Pelabuhan

Dualisme kontribusi lembaga keuangan Inggeris kepada pemerintah Kenya terjawab sudah, saat diadakannya penandatanganan antara kedua belah pihak.

Rupanya ada 2 (dua) pelabuhan di Kenya yang tengah digarap oleh Inggeris, yakni Port Reitz Road dan Port of Mombasa. Dukungan dana yang digelontorkan mencapai angka USD 30 juta, dari "TradeMark East Africa" (TMEA), dengan dukungan Inggeris via "Department for International Development" (DFID) dan pemerintah Kenya melalui National Treasury.

Proyek ini akan ditangani oleh "Kenya National Highways Authority" (KeNHA). Posisi Port Reitz Road sangat vital karena hanya memiliki rute tunggal menuju proyek Mombasa Southern By-pass.

Acara peresmiannya bakal diwakili oleh Sekretaris Kabinet Michael Kamau (Transport), Henry Rotich (National Trrausury) dan Frank Matsaert (CEO Trademark East Africa). Trademark akan menggelontorkan duit USD 20 juta sedangkan pihak KeNHA menyumbang USD 10 juta.

Port Reitz Road akan mengurangi lalu lintas truk melalui rute yang dilewati nanti, dari dan ke Kipevu West Container Terminal, memotong jarak tempuh dengan dibukanya Newgate 22 yang melayani hingga 30 persen dari terminal yang ada saat ini.

Port of Mombasa belakangan berhasil meningkatkan lalu lintas kontainer sekitar 6 persen per tahun, menjadi 22,3 juta ton di tahun 2013. Kenaikan volume rata-rata 8 persen setiap tahunnya menjadi 900.000 TEUs (2013), dari awal tahun 2004 : 438.597 TEUs. Target tahun ini 1,6 juta TEUs.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar