Sabtu, 07 Februari 2015

JT 070215 : “UASC” Peroleh Kapal 14.993 TEUs

Perusahaan pelayaran yang bermarkas di Dubai, “United Arab Shipping Co.” (UASC) dalam tahun ini hingga 2 (dua) tahun kedepan bakal panen kapal anyar. Belum lama ini UASC mendapat kapal "Salahuddin" (14.993 TEUs) dari galangan kapal "Hyundai Heavy Industries" (HHI), Korea Selatan.

Kapal ini merupakan yang ke-3 dari total 11 (sebelas) unit yang dipesan UASC dalam rangka ekspansi bisnis. Order ini terpisah dari pesanan terbaru sebanyak 17 unit, yang terdiri dari 6 x 18.800 TEUs + 11 x 14.993 TEUs, total nilai kontraknya USD 2 milyar lebih.

Konstruksi 17 kapal dibagi antara HHI dan Hyundai Samho Heavy Industries, tetapi pembagian jumlah unitnya blon sampe kita ketahui lebih rinci. Program pembangunan kapal baru ini sudah dimulai sejak bulan Agustus 2013 dan sejak saat itu, UASC bermanuver untuk mendapatkan mitra kerja yang sepadan.

Tahun 2014 lalu, terjadilah kesepakatan 3 (tiga). Pelayaran besar, dan membentuk "Ocean 3" ato O3 dengan anggota "CMA CGM", "CSCL" dan "UASC". Lingkup kerjasama hampir mencakup semua rute Barat - Timur ato Asia - Eropa (AE) dan Asia -Amrik.

Kapal terbaru seri A15 ini, yang sudah terlebih dulu diserahterimakan di bulan Januari 2015 "Al Murabba", kini ditempatkan jalur AE dan dioperasikan aliansi strategis "O3". CMA CGM menamainya FAL8, CSCL memberi nama AEX1 dan UASC memberi kode AEC.

Kapal-kapal generasi terbaru UASC mengambil pola hibrida, bisa menggunakan bahan bahar minyak solar dan juga bisa menggunakan teknologi terbaru, gas alam cair (liquid natural gas ato LNG). Wooow banget deh. Congrats UASC.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar