Kamis, 19 Februari 2015

JT 190215 :”NOL” Jual “APLL” Ke “Kintetsu”



Setelah sekian lama beredar di dunia maya dan menjadi gosip sejak tahun lalu, manajemen “Neptune Orient Lines’ (NOL) melepas afiliasi yang fokus di sektor logistik, “APL Logistics” (APLL) ke pihak “Kintetsu World Express” (KWE) senilai USD 1,2 milyar.

NOL beranggapan kerugian selama 4 (empat) tahun berturut-turut perusahaan pelayarannya “APL” cukup membuat be-te pihak manajemen. Proses penjualan APLL kepada forwarding yang bermarkas di Tokyo ini akan dituntaskan bulan Juni 2015.

Nantinya, NOL akan fokus mengawal APL di industri pelayaran berbasis kontainer. Untuk tetap bisa bertahan di industri maritim global, dibutuhkan sokongan dana yang kuat. Pihak NOL percaya kapabilitas KWE yang kuat akan mendukung APLL bisa bertahan sebagai salah satu pemain logistik handal di dunia.


APLL merupakan global supply chain specialist di sektor otomotif, consumer goods, dan ritel di 60 negara, menawarkan freight management, customs brokerage, pergudangan, distribusi dan menangani konsultasi rantai pasokan yang unggul. 

Padahal, bulan Oktober 2014 lalu, yang digadang-gadang maju bakal pembeli potensil APLL adalah perusahaan Korea, “CJ Korea Express Corp.”. Sejak didirikan tahun 2000 lalu, omzetnya melejit 5x lipat dan di tahun 2014 pendapatannya (revenue) mencapai USD 1,7 milyar.

Hmm, pastinya NOL menjual aset sudah ada pertimbangan sendiri untuk fokus di APL dan mendorong berkompetisi lagi agar bisa bersaing dengan aliansi strategis lain yang tengah marak di tahun 2015. APL sendiri masuk dalam kelompok “G6”.

Pesaing sekarang ini adalah “2M” (Maersk Line, MSC), “Ocean 3” (O3 : CMA CGM, CSCL, UASC) dan “CKYHE” (COSCO, “K” Line, Yang Ming, Hanjin Shipping, Evergreen Line). Hmmm, pasti seru semakin mengerucut dan tajam nih.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar