Selasa, 17 Februari 2015

JT 170215 : Gedung Putih Kirim Sekretaris Perburuhan

Presiden Amrik, Barack Obama memerintahkan Sekretaris Perburuhan, Tom Perez segera berangkat ke Kalifornia dan membereskan perseteruan yang terjadi, sehingga memacetkan arus lalu lintas masuk dan keluar kontainer di wilayah pantai barat Amrik ato U.S West Coast (USWC)..

Kabar terakhir yang diterima pihak Gedung Putih, dalam waktu dekat bakal ada penutupan aktifitas di 29 pelabuhan negeri Paman Sam dan bila sampe terjadi, seberapa parah ekonomi Amrik akan terkena imbasnya – demikian sebagaimana dilaporkan media cetak “Los Angeles Times”.

Setelah 9 (sembilan) bulan pembicaraan buruh pelabuhan diperdebatkan namun hingga kini belum ada kesepakatan damai antara para-pihak sehingga memperkeruh suasana bisnis di dalam negeri. ILWU bersikukuh ingin memecat para pekerja yang tidak sejalan dengan kebijakan yang ditempuh.

ILWU ato International Longshore and Warehouse Union merupakan representasi dari asosiasi pekerja pelabuhan dan insan pergudangan di Amrik. Dan khusus untuk pelabuhan Los Angeles (LA) dan Long Beach (LB), itu saja mewakili 40 persen dari total kargo impor ke Amrik, yang nilainya mencapai USD 1 milyar / hari.

Saat ini yang sangat genting, 32 unit kapal kontainer tengah berlabuh dan menunggu antrian masuk pelabuhan LA dan LB. Sejumlah komoditi penting dan ditunggu vendor antara lain, komponen kendaraan, barang elektronik dan pakaian yang akan didistribusikan ke seluruh gerai di Amrik.

Isu kontrak baru untuk 20.000 pekerja yang masih menggantung starusnya, menjadi kendala bagi kedua belah pihak untuk bisa dikompromikan. PMA alias Pacific Maritime Association menuduh ILWU mendalangi aksi-aksi perlambatan kerja di semua pelabuhan Amrik selama ini.

Pihak Gedung merasa perlu untuk terjun langsung menuntaskan isu nasional ini. Tak kurang dari National Retail Federation vice president Jonathan Gold, yang meng-apresiasi langkah yang tengah ditempu pemerintah saat ini.

Intinya, kondisi ekonomi sekarang sudah runyam, jangan ditanbah-tambah lagi deh. Bisa be-te tahu. Gitu kurang lebihnya. Semoga bisa cepat selesai ya. Kasian khan, anak bininya pada makan apa klo kerjaannya gak jelas gitu ?


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar