Jumat, 18 April 2014

JT 180414 : Update – “Sewol” Bikin Sewot


Insiden tenggelamnya kapal feri “Sewol” di Korea menyisakan duka yang mendalam bagi keluarga korban. Berita terkini yang dirilis pihak kepolisian setempat dan informasi yang berseliweran di dunia menyatakan, penumpang yang hilang mendekati angka 100 jiwa.

Bahkan hasil penyelidikan sementara, kabarnya sudah dikeluarkan juga. Sejumlah pelajar menyebutkan, mereka diminta naik ke dek teratas saat kejadian langsung ditolong oleh tim penyelamat. Yang tetap tinggal di kabin, itulah yang diprediksi hilang.

Kisah dari korban yang selamat menggambarkan, sulit bagi mereka mencapai titik aman sebelum akhirnya diselamatkan. Beberapa diantaranya malah terkena hantaman koper yang jatuh dari atas. Dan ada juga yang sempat mengirim SMS, mereka bilang tersesat di dalam kapal. Haaaah ?

Kapal feri “Sewol” yang berbobot 6.825 ton, tenggelam di sekitar Jindo Island, Korea Selatan. Pihak kapal sempat mengirim sinyal minta tolong saat menghantam bebatuan karang dekat Gwanmae Island.


Kapal sempat mengapung selama 8 (delapan) jam sebelum akhirnya tenggelam. Infonya, setelah kandas, 18 menit kemudian panggilan darurat baru dikirim. Dan pihak kapal menyatakan untuk tetap kalem namun inisiatif evakuasi tidak ada. Sudah kandas loh ????

Parahnya, bila memang laporan sementara benar, kru kapal malah kabur duluan dan meninggalkan para penumpang di atas kapal yang diketahui bakal tenggelam. Mana yang ikut serta para pelajar yang mau liburan, ya gitu deh.

Jadilah insiden kapal penumpang “Sewol” tragedi nasional di Negeri Ginseng dan menyisakan duka. Investigasi lebih lanjut masih terus diperdalam. Rujukan terkait insiden Sewol, silahkan baca JT 160414 : Kapal Feri “Sewol” Tenggelam Di Korsel.

Ikut prihatin.

Sumber : Dari Sana-sini / Kredit Foto : AFP.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar