Senin, 07 April 2014

JT 070414 : Pesawat MAS MH370 Menjadi Misteri

Sampai saat ini, boleh dikatakan demikian karena usia “black box” yang menjadi saksi kunci kecelakaan pesawat Malaysia Airlines (MAS) nomor penerbangan MH370 guna mengungkap percakapan terakhir sang pilot, diperkirakan akan lenyap ato tak berfungsi setelah lewat 1 (satu) bulan.

Bisa jadi hilangnya pesawat produksi Boeing seri 777-222ER ini akan mewariskan misteri terbesar sejarah penerbangan atas ketidak-tahuan umat manusia melacak ciptaannya sendiri, serta biaya pencarian hingga minggu lalu diperkirakan mencapai angka fantastis USD 53 juta ato sekitar Rp 598 milyar.

Biaya pelacakan atas hilangnya sebuah pesawat moderen termahal sebelumnya dipegang oleh “Air France” nomor penerbangan 447 yang jatuh di Samudera Atlantik dan menelan biaya hingga USD 50 juta ato setara dengan Rp 565 milyar.

Perbedaan nyatanya, Air France menghabiskan dana sejumlah itu untuk masa 2 tahunan, sedangkan MAS mengeluarkan USD 53 juta dalam kurun waktu kurang dari sebulan dan jumlah negara yang terlibat dalam pencarian MH370 sekitar 25 negara.

Pesawat MAS MH370 berangkat dari bandara Kuala Lumpur (KL) tgl 08/03/14 dan diperkirakan tiba di Beijing, Tiongkok esok paginya. Namun setelah lewat waktu yang diperkirakan, mulai nampak kepanikan di pihak maskapai penerbangan.

Awal mula dikisahkan pesawat (kemungkinan) jatuh ke laut di Laut Cina Selatan, ada lagi meledak di udara, lantas menyasar ke Uzbekistan ato Tajikistan yang letaknya ratusan mil dari tujuan asal dan terakhir terjerembab di Samudera Hindia. Bukti tak terlacak hingga sekarang, misterius.

Adakah skenarrio rahasia dimana mata-mata sebuah negara mempolitisir pesawat sipil untuk tujuan tertentu ? pasalnya, pihak MAS pernah menyebutkan adanya sejumlah batere lithium di dalam pesawat MH370 dan kabarnya, ukurannya bukan untuk kepentingan umum.

Nah, barang inilah yang tidak diungkap detilnya hngga saat ini, sehingga bisa saja menjadi misteri sepanjang masa kecuali sang pelaku sendiri yang akan membeberkannya kelak, sebagai bekal menulis sebuah biografi yang akan menjadi “best seller” dunia.

Benarkah demikian ? Wallahu’alam. Tidak ada yang tahu. Ikut prihatin dan semoga menemui titik terang dalam waktu dekat. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 250314 : MAS MH370 jatuh Di samudera Hindia, JT 220314 : Dua Minggu Misteri MH370, JT 160314 : Teka Teki Hilangnya Pesawat MH370 dan JT 080314 : Pesawat “Malaysia Airlines” Hilang Kontak.

Sekali lagi, ikut prihatin dan bersimpati kepada keluarga yang masih mengharapkan orang-orang tersayang, masih tetap hidup. KEEP THE FAITH !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar