Kamis, 03 April 2014

JT 030414 : "CSCL", "HJS", "Evergreen" Terima Kapal 8.000 -10.000 TEUs

Tuh khan, kiriman kapal kontainer teruuuuus aja bergulir. Seperti gak ada kekhawatiran bakal terjadinya over-supply alias kelebihan pasok ruang kapal di kemudian hari. Padahal, sekarag ini aja sudah boleh dibilang berlebih.

Tiga kapal yang diluncurkan dari galangan, 2 (dua) diantaranya berkapasitas 10.000 TEUs (pesanan China Shipping Container Lines / CSCL dan Hanjin Shipping) dan satu ukuran 8.452 TEUs (milik Evergreen Line).

CSCL menerima kapal “CSCL Summer”, kapal ke-2 daro total order 8 x 10.036 TEUs, buatan galangan Tiongkok senilai USD 94,3 juta – demikian sebagaimana dilaporkan oleh media riset “Alphaliner”.

CSCL akan memasang kapal baru ini di servis “America-Asia Container” (AAC), sekaligus menggantikan kapal lamanya yang berukuran 8.500 TEUs. Evergreen, UASC dan Yang Ming menjadi slot-taker.

Pelayaran Korsel, Hanjin Shipping” (HJS) mendapatkan kapal anyar “Hanjin Buddha” (10.000 TEUs). Pemilik aslinya kapal ini “Seaspan Inc.” dan disewakan ke HJS. Total order kapal jenis ini ada 7 unit, 3 unit dipesan oleh Seaspan dan 4 unit lainnya, dipesan “Greater China Intermodal investment LLC” (GCI). Semuanya disewa HJS. Top !

Hanjin Buddha akan memulai karirnya di servis bareng milik HJS dan Evergreen yakni “CPS 2 / CAX”, total armadanya 6 kapal berkapasitas antara 3.600 – 4.400 TEUs. Mulai bulan Mei 2014 mendatang, kapal-kapalnya akan diperbesar kapasitasnya.

 Ke-7 (tujuh) kapal ini bakal dikelola oleh Seaspan maupun GCI yang nota bene merupakan anak perusahaan Seapsan dan terdaftar di Marshall Island. Bahkan Seaspan bersama Carlyle dan Washington Group membuat 10 kapal serupa untuk disewakan ke pelayaran Jepang, MOL.

Yang terakhir, Evergreen mendapatkan kapal “Ever Loyal” (8.452 TEUs) dan merupakan kapal ke-18 dari total order 30 unit yang dibangun oleh galangan “Samsung Heavy Industries” (SHI), Korsel. Secara total, Evergreen memesan 55 unit kapal sejenis dari beberapa galangan.

Selama tahun 2012-2017, kekuatan kapal Evergreen Line bertambah 575.000 TEUs dan sebuah prestasi yang cukup mengagumkan.

Terlepas dari pesanan yang datang setiap bulan dengan jumlah yang bervariasi, akankah kebutuhan dunia industri dapat memberikan kontribusi sepadan agar industri pelayaran tetap bisa survive ato bakal menghadapi kerontokan ditengah jalan ?

Ikuti terus perkembangannya disini. Ciao.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar