Jumat, 11 April 2014

JT 110414 : Produsen Semen "Holcim-Lafarge" Merger

Lebih baik terlambat daripada tidak tahu sama sekali. Inilah alasan yang suka dipake editor JT alias Jurnal Tr@msport. Bilang aja ribez jadi gak sempet baca ha ha ha.

Perusahaan semen Swiss , Holcim dikabarkan sepakat merger dengan produsen semen Perancis, Lafarge dengan total nilai penjualan tahunan mencapai USD 44 miliar. Bila maujud maka langkah ini akan menciptakan produsen semen terbesar di dunia.

Bisa dipastikan oleh sebagian besar pengamat, langkah merger 2 (dua) perusahaan semen kelas dunia akan mengalami banyak kendala. Pengawas dan regulator yurisdiksi anti-trust siap menghadang perusahaan yang konon, beroperasi di 90 negara ini. Woooow dech.

Kreasi Holcim-Lafarge diperkirakan akan mendominasi pasar semen dunia dan bisa mengambil porsi hingga 50 persen, bahkan untuk ukuran Amrik. Ada yang optimis bisa lolos dari isu monopoli tetapi tak sedikit yang meramal bakal gagal.

Bila dibandingkan secara geografis, Holcim kuat di pasar Amerika Latin sedangkan Lafarge huebat di Afrika sono. Ibarat pelayaran, “P&O Nedlloyd” (PONL) pernah mendominasi di utara-selatan sedangkan Maersk Line di jalur barat-timur. PONL akhirnya diakuisisi oleh Maersk Line.

Kita tunggu perkembangan yang terjadi di industri semen dunia ya, ada sentimen negatif gak he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

1 komentar:

  1. Kontainer MSC ex Semarang Terbakar hari Senin 7 April 2014?
    Ada info dan konfirmasi yg akurat mengenai muatan di dalam kontainer ini?

    BalasHapus