Jumat, 29 November 2013

JT 291113 : Polling "CI", Customer Berharap P3 Miliki Kelebihan


Hasil polling yang diadakan oleh "Containerisation International" (CI), shipper maupun forwarder mendukung penuh kehadiran mega-aliansi 3 (tiga) pelayaran terbesar di dunia : P3 - yang terdiri dari : "Maersk Line", "Mediterranean Shipping Co." (MSC) dan "CMA CGM".

Pelanggan ngerasa yakin banget bahwa kehadiran P3 bakal menyempurnakan servis yang ada serta mendorong terciptanya stabilitas harga. Hasil polling CI menyimpulkan 46 persen akan memberikan kontribusi positif, 25 persen gak yakin banget dan 28,8 persen bilang gak jelas.

Sebagian pengamat mengkhawatirkan kehadiran P3 karena dominasi kekuatan yang dimilikinya luar biasa besar. Untuk itu, pihak otoritas terkait di Amrik (yakni FMC) tengah berkoordinasi dengan mitra kerjanya di Eropa dan Asia karena bentangan kerjasama P3 mencakup area yang cukup luas.

Aliansi ini akan dioperasikan mulai kuartal 2 tahun 2014 namun persiapannya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Armada kapal yang akan dioperasikan (bersama) ada 255 unit, dengan total agregat mencapai 2,6 juta TEUs di 29 loop antara Asia - Eropa (AE), Trans Atlantik (TA) dan Trans Pasifik (TP).

Media riset yang bermarkas di Paris, "Alphaliner" memperkirakan, P3 mengontrol hampir 45 persen kapasitas di AE, 41 persen di TA dan 22 persen di TP. Artinya, dengan melihat statistik yang ada, P3 akan menjadi kekuatan yang dahsyat.

Pro dan kontra masih akan terus bergulir hingga pada waktunya. Seperti apakah kenyataan di lapangan dan akankah membawa angin segar terhadap kompetisi yang ada saat ini ? Entahlah. Masih banyak praktisi ragu namun kita tunggu rekomendasi maupun rujukan otoritas terkait ya.


Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar